Kompas.com - 29/12/2021, 08:08 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Amarilis dikenal sebagai salah satu bunga yang banyak dicari pecinta tanaman karena wujudnya yang indah dan warna cerahnya.

Tak hanya itu, amarilis juga versatile, baik sebagai bunga dalam pot, maupun bunga potong. Tak heran kan jika bunga ini disukai orang-orang?

Amarilis juga tak terlalu sulit untuk ditanam lho, bisa dilakukan oleh para pemula di bidang ini.

Nah, berikut tips menanam dan merawat amarilis dengan mudah, seperti dilansir dari Martha Stewart.

Menanam dan merawat amarilis

Jika ingin menanamnya dari awal, belilah umbi berkualitas tinggi demi penanaman yang sukses. Artinya, umbi harus kering dan padat, tanpa adanya bintik-bintik hitam.

Setelah siap menanam, buang semua akar yang kering dan mati, lalu rendam bagian berumbinya selama satu jam. Jangan lupa memilih wadah yang memiliki lubang drainase berukuran lebih lebar lima cm dibanding salah satu umbi amarilis.

Jika amarilis memiliki umbi berjumlah dua atau lebih, pililah pot yang lebih lebar.

Untuk tanah, gunakan media tanam yang cepat kering dengan pasir yang cukup, guna menjadi “jangkar” saat tanaman mulai tinggi. Kita juga bisa mencoba campuran gambut, pasir kasar, vermikulit, dan arang tanpa tanah dengan perbandingan 3:3:2:1.

Pastikan untuk meletakkan pecahan tembikar di atas lubang drainase, dan isi pot dengan potting mix hingga "bahu" umbi (titik di mana umbi meruncing ke atas).

Jangan lupa, setidaknya sepertiga umbi harus terlihat menonjol di atas campuran.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.