Kompas.com - 29/12/2021, 08:30 WIB
Proses penuaan bisa membuat wajah jadi tak simetris. Unsplash/CurologyProses penuaan bisa membuat wajah jadi tak simetris.

KOMPAS.com - Penuaan adalah sesuatu yang tak dapat dihindari karena merupakan proses alami seiring bertambahnya usia.

Tanda-tanda khas dari penuaan dimulai dari munculnya garis-garis halus atau keriput di kulit, penurunan fungsi fisik dan mental, serta banyak lagi.

Kita pun merasa khawatir dengan bertambahnya usia, kita menjadi lebih sering sakit-sakitan dan mengalami penurunan mental.

Namun, studi yang dimuat dalam jurnal Nature Human Behavior menyimpulkan, banyak lansia mengalami peningkatan kapasitas mental seiring penuaan.

"Hasil ini luar biasa, dan memiliki konsekuensi penting tentang bagaimana kita seharusnya memandang penuaan," ujar peneliti studi senior, Michael T. Ullman, PhD.

Ullman adalah profesor di Departemen Ilmu Saraf dan Direktur Laboratorium Otak dan Bahasa di Georgetown, Washington, AS.

"Orang-orang sering berasumsi bahwa perhatian dan fungsi eksekutif menurun seiring bertambahnya usia, meskipun ada petunjuk menarik dari beberapa studi kecil yang mengundang pertanyaan tentang asumsi tersebut."

Baca juga: 10 Kebiasaan Buruk yang Picu Penuaan Dini

Namun penelitian yang dilakukannya menunjukkan elemen penting tersebut meningkat selama penuaan.

Khususnya karena kita melatih keterampilan ini sepanjang hidup, tambah Ullman.

Dalam hal penuaan, terdapat beberapa kebiasaan buruk yang mampu mempercepat proses penuaan itu.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.