Kompas.com - 30/12/2021, 16:09 WIB

KOMPAS.com - Dalam rangka menyambut tahun 2022, kita mungkin sudah mempersiapkan beberapa resolusi, seperti lebih rajin berolahraga dan menurunkan berat badan.

Hasil dari resolusi yang kita buat itu tidak akan terlihat dalam waktu dekat.

Tetapi, ada satu resolusi yang dapat memberikan manfaat hanya dalam waktu singkat, yakni berhenti mengonsumsi minuman beralkohol selama sebulan.

Dry January, atau berhenti meminum minuman beralkohol di bulan Januari adalah kampanye yang sudah populer di banyak negara.

Baca juga: 4 Tahun Bebas Alkohol, Jessica Simpson Pamer Tubuh Langsing

Meski hanya dilakukan selama satu bulan, berpuasa mengonsumsi alkohol diyakini dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Para ahli nutrisi membeberkan efek positif yang bisa diperoleh pada akhir bulan setelah orang yang terbiasa mengonsumsi alkohol, dan lalu berpuasa selama sebulan.

1. Merasa lebih bahagia

Anggota dewan ahli medis dan ahli diet terdaftar, Lauren Manaker, MS, RDN mengatakan, alkohol merupakan depresan yang dapat memberikan efek negatif mental.

"Menambahkan alkohol ke dalam diet dapat menyebabkan beberapa orang merasakan efek samping mental negatif begitu efek minuman keras menghilang," katanya.

"Jika kita berhenti meminum alkohol selama sebulan, kita bisa merasa lebih bahagia dan kesehatan mental membaik."

2. Bisa menurunkan berat badan

Alkohol mengandung lebih banyak kalori (tujuh kalori per gram) daripada dua makronutrien umum --protein dan karbohidrat-- yang hanya empat kalori per gram.

Halaman:
Sumber Eat This


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.