Kompas.com - 01/01/2022, 12:12 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kita memang bisa membuat berbagai resolusi tahun baru, seperti bertekad untuk memakan lebih banyak sayuran atau lebih produktif. Namun, bagaimana dengan tujuan yang berhubungan dengan perkembangan diri yang sebenarnya sangan ingin diatasi?

Nah untuk itu, lebih baik cobalah untuk membuat diri kita merasa lebih baik dan menjadikan tahun 2022 sebagai tahun terbaik kita. Misalnya, dengan 11 cara berikut ini.

Tetapkan niat, bukan resolusi

Mengapa harus memulai tahun baru dengan resolusi kaku yang kemungkinan besar akan mengakibatkan stres dan rasa bersalah?

Padahal, menciptakan niat (dan melakukan hal yang diniatkan) jauh lebih realistis untuk menetapkan tujuan bagi diri sendiri lho.

Jadi, buat rencana harian, mingguan, dan bulanan untuk membantu menghilangkan tekanan dari keseharian kita, yang memungkinkan kita untuk fokus dan melihat segalanya dari berbagai perspektif.

Cari hobi baru

Jadwal kerja yang sibuk atau kalender sosial yang ramai mungkin akan menyulitkan kita untuk keluar dari rutinitas standar. Kendati demikian, kita tak boleh lupa untuk untuk meluangkan waktu bagi diri sendiri dan mencari hobi atau minat baru.

Entah itu mengikuti kelas memasak, klub membaca, atau hobi kainnya, berkomitmen pada minat baru kita akan terasa seperti sebuah pencapaian.

Baca juga: 10 Hal yang Menjauhkanmu dari Kebahagiaan

Travelling

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.