Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/01/2022, 13:13 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

KOMPAS.com - Tanaman hias dalam ruangan atau houseplant merupakan salah satu hobi yang digandrungi dalam beberapa tahun terakhir, terutama sejak pandemi Covid-19 dimulai. Tren hobi merawat houseplant ini pun nampaknya belum akan surut di tahun 2022 mendatang.

Nah, jika di tahun 2021 lalu nampaknya orang-orang menyukai tanaman berdaun besar seperti Philodendron dan Alocasia atau tanaman hias gantung seperti Linear Hoya dan Hanging Hearts, bagaimana dengan 2022? Apakah ada tren baru dalam jenis tanaman dan perawatan tanaman hias?

Untuk mengetahui jawabannya, simak prediksi serba-serbi tanaman hias yang akan menjadi tren pada tahun 2022 yang dilansir dari The Spruce, berikut ini.

Aroid langka

Ilustrasi tanaman hias Philodendron Birkin.SHUTTERSTOCK/PINGKY_P Ilustrasi tanaman hias Philodendron Birkin.
Saat ini, sudah mulai banyak orang-orang yang berburu tanaman langka. Tanaman seperti itu memang cocok jadi koleksi, meski terkadang harganya tak murah.

“Di kalangan kolektor tanaman, varietas aroid langka dan tidak umum (seperti Alocasia, Epipremnum, Monstera, Philodendron, Rhaphidophora, Scindapsus, dan lain-lain) masih menjadi yang teratas dalam daftar keinginan,” kata Justin Hancock, manajer pemasaran senior di Costa Farms.

Menurut Hancock, ke depannya akan semakin banyak varietas yang lebih baru dan langka, seperti pothos Global Green, yang menjadi semakin umum di pasaran.

Selain itu, dia juga berpendapat bahwa banyak perusahaan yang telah bersiap menghadapi tren tersebut.

"Petani tanaman hias besar dan kecil kini sedang menguji berbagai varietas, dan berusaha untuk membuat varietas baru yang lulus proses pengujian guna memenuhi kebutuhan para pecinta tanaman yang bersemangat!” ujarnya.

Baca juga: Daftar Tanaman Hias Minim Perawatan dan Tidak Mudah Mati

Daun merah dan ungu

Ilustrasi tanaman hias Philodendron black cardinal. SHUTTERSTOCK/NLIN.NEE Ilustrasi tanaman hias Philodendron black cardinal.
Para pecinta tanaman biasanya menyukai tanaman dengan berwarna-warni. Tanaman seperti ini memang nampak spesial, apalagi kebanyakan daun memiliki warna hijau.

Jadi, tak mengherankan bila banyak pecinta tanaman yang menginginkannya untuk membuat koleksi mereka lebih menarik.

Nah di tahun 2022 mendatang, Hancock mengatakan bahwa daun dengan rona warna merah dan ungu akan menguasai, meski tanaman dengan rona pink masih menjadi hit saat ini.

"Misalnya, kami melihat banyak minat pada varietas baru seperti Costus erythrophyllus 'Two Toner' (yang menampilkan daun berwarna merah-ungu yang indah), Peperomia caperata 'Schumi Red' (yang memiliki dedaunan merah-ungu berkilau), dan Geogenanthus ciliatus (kerabat Tradescantia yang menawarkan dedaunan ungu-hitam)," ujar Hancock.

Namun, hanya karena ada tanaman baru, bukan berarti tanaman lama akan tersingkirkan.

"Varietas yang sudah teruji seperti Zamioculcas Raven, Colourful Aglaonema, dan varietas Cane Begonia sama populernya seperti sebelumnya,” kata Hancock.

Baca juga: 9 Pilihan Tanaman Hias Daun yang Cantik dan Mudah Dirawat

Kurangi kurasi, perbanyak cinta

Ilustrasi tanaman hias Monstera dubia. SHUTTERSTOCK/FABRIZIO GUARISCO Ilustrasi tanaman hias Monstera dubia.
Menurut Hancock, berdasarkan pesan dan percakapan yang mereka lihat di media sosial, ada semakin banyak pecinta tanaman yang lebih fokus untuk merawat tanaman yang mereka cintai, bukan menambah tanaman baru hanya karena trendi dan ingin pamer.

Halaman:
Baca tentang
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com