Kompas.com - 02/01/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Tekanan darah tinggi atau hipertensi dikenal sebagai silent killer karena kondisi ini sering kali tidak memiliki gejala.

Tetapi, keadaan ini dapat meningkatkan risiko terhadap penyakit-penyakit kronis seperti jantung dan stroke.

Tekanan darah pun tergantung pada seberapa banyak darah yang dipompa oleh jantung dan seberapa besar hambatan yang ada pada aliran darah di arteri.

Karena semakin sempit arteri, maka semakin tinggi pula tekanan darah.

Ada pun, tekanan darah lebih rendah dari 120/80 mm Hg dianggap normal. Sementara itu, tekanan darah sekitar 130/80 mm Hg atau lebih dianggap tinggi.

Jika tekanan darah kita di atas normal tetapi di bawah 130/80 mm Hg, maka kita termasuk dalam kategori tekanan darah tinggi.

Baca juga: Apakah Stres Memicu Tekanan Darah Tinggi?

Artinya, kita berisiko terkena hipertensi dan penyakit lainnya yang mengikuti.

Tetapi kabar baiknya, kita masih bisa membuat perubahan untuk menurunkan tekanan darah secara signifikan melalui gaya hidup sehari-hari.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut adalah delapan perubahan gaya hidup yang efektif dapat menurunkan tekanan darah.

1. Meningkatkan aktivitas fisik atau olahraga

Sebuah meta-analisis dari 65 penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik dan resistensi dapat secara signifikan menurunkan tekanan darah, terutama untuk pria.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.