Kompas.com - 02/01/2022, 21:00 WIB
DentalSlim Diet Control, perangkat intra-oral ini dipasang oleh seorang profesional gigi pada gigi belakang atas dan bawah. VIA scitechdaily.comDentalSlim Diet Control, perangkat intra-oral ini dipasang oleh seorang profesional gigi pada gigi belakang atas dan bawah.

KOMPAS.com - Bagi sebagian besar orang, mengurangi makan untuk menurunkan berat badan adalah sebuah hal yang sulit dilakukan.

Untuk itu, para peneliti di Universitas Otago bekerja sama dengan peneliti di Inggris mengembangkan perangkat penurun berat badan yang pertama di dunia.

Proyek ini digelar untuk membantu memerangi epidemi obesitas global.

Dikenal sebagai DentalSlim Diet Control, perangkat intra-oral ini dipasang oleh seorang profesional gigi pada gigi belakang atas dan bawah.

Baca juga: Berencana Turunkan Berat Badan di Tahun 2022? Hindari Makanan ini

Perangkat ini menggunakan bahan magnetik dengan baut pengunci unik yang dibuat khusus, sehingga memungkinkan penggunanya membuka mulut hanya sekitar 2 mm saja.

DentalSlim Diet Control juga dapat membuat penggunanya untuk diet cairan tanpa mengganggu kebebasan berbicara atau membatasi pernapasan.

Adapun peserta dalam uji coba di Dunedin, New Zealand yang menggunakan perangkat ini berhasil kehilangan berat badan rata-rata 6,36 kg dalam dua minggu, dan lantas termotivasi untuk melanjutkan perjalanan penurunan berat badannya.

Peneliti utama sekaligus wakil rektor Ilmu Kesehatan di Universitas Otago, Profesor Paul Brunton mengatakan, perangkat ini akan menjadi alat yang efektif, aman, dan terjangkau bagi orang yang ingin memerangi obesitas.

Perangkat ini akan dipasang oleh dokter gigi dan dapat dilepaskan oleh pengguna dalam keadaan darurat. Kemudian bisa dipasang dan dilepas berulang kali.

"Hambatan utama dalam menurunkan berat badan adalah kepatuhan dan perangkat ini membantu kita membangun kebiasaan baru untuk mematuhi diet rendah kalori pada jangka waktu tertentu," kata dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.