Kompas.com - 03/01/2022, 15:10 WIB
Salah satu kebiasaan penyebab daya ingat menurun adalah kurang tidur. FREEPIK/WAYHOMESTUDIOSalah satu kebiasaan penyebab daya ingat menurun adalah kurang tidur.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat banyak orang frustasi dan stres karena beban pekerjaan yang berlebihan.

Alih-alih bisa lebih rileks ketika di rumah, mereka justru merasa beban pekerjaan selama WFH menjadi lebih berat daripada di kantor.

Pasalnya, tugas yang dikirimkan melalui email sangatlah banyak dan harus diselesaikan dalam waktu yang mepet.

Karena hal ini, tak mengherankan jika ritme kerja selama pandemi membuat fisik lelah, otak terus bekerja, dan orang-orang tidak memiliki waktu untuk beristirahat.

Beberapa orang yang menyadari risiko kesehatan dari beban pekerjaan yang berlebihan lantas menggaungkan pentingnya work life balance.

Prinsip hidup ini mengajak orang-orang untuk menyeimbangkan dan membatasi waktu pekerjaan dengan kehidupan pribadi.

Namun, work life balance nampaknya tidak efektif bagi mereka yang pekerjaannya dituntut melahirkan gagasan dan kreativitas setiap waktu.

Pasalnya, setiap kali memeriksa email atau menanggapi tugas kerja setelah jam kantor, beberapa orang bisa mengalami stres yang tidak seharusya terjadi.

Baca juga: 5 Tips Tingkatkan Work-Life Balance

Sebuah studi pada tahun 2016 yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Lehigh, Virginia Tech, dan Universitas Negeri Colorado pernah meneliti dampak tertentu dari email sebagai pemicu stres kerja.

Para peneliti mendapati temuan bahwa email pekerjaan menghambat kemampuan karyawan untuk memulihkan diri di luar pekerjaan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.