Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Bagaimana jika Teman Kita Memiliki Masalah Kesehatan Mental?

Kompas.com - 04/01/2022, 10:44 WIB
Ilustrasi kesehatan mental MedioIlustrasi kesehatan mental

Oleh: Nur Ithrotul Fadhilah & Ikko Anata

PERMASALAHAN kesehatan mental merupakan masalah bersama. Kita tidak bisa hanya diam saat mengetahui ada seseorang di sekitar kita yang mengalami masalah kesehatan mental.

Jangan sampai kita membiarkan teman berjuang sendirian dengan permasalahan kesehatan mentalnya. Dampak dari masalah kesehatan mental bisa sampai berujung bunuh diri.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan RI tahun 2018, menunjukkan lebih dari 19 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami gangguan mental emosional, dan lebih dari 12 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami depresi.

Selain itu, berdasarkan Sistem Registrasi Sampel yang dilakukan Badan Litbangkes tahun 2016, diperoleh data bunuh diri per tahun sebanyak 1.800 orang atau setiap hari ada 5 orang melakukan bunuh diri.

Selain itu, 47,7 persen korban bunuh diri adalah pada usia 10-39 tahun yang merupakan usia anak remaja dan usia produktif.

Mungkin kita tidak tahu persis apakah teman di sekitar kita sedang memiliki masalah kesehatan mental, tapi kita bisa lihat dari perubahan sikap dan suasana hatinya yang tak seperti biasa.

Lantas, apa saja yang perlu kita lakukan jika kita memiliki teman di sekitar kita yang memiliki masalah kesehatan mental? Simak baik-baik penjelasan berikut.

Berbicara tentang kesehatan mental

Dilansir dari mentalhealth, jika kita khawatir dengan permasalahan kesehatan mental seseorang, mungkin sulit untuk mengetahui apa yang harus dilakukan.

Ketika kita menyadari ada masalah, penting untuk tidak menunggu teman kita bercerita.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.