Kompas.com - 04/01/2022, 11:39 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menjaga kesehatan gigi dan mulut harus menjadi prioritas utama semua orang. Sebab, saat gusi atau gigi Anda terinfeksi, kuman penyebab infeksi di dalam mulut ini dapat menyebar ke organ tubuh lain.

Skenario terburuk dari kondisi gigi dan mulut kotor adalah munculnya kanker bibir dan rongga mulut. International Agency for Research on Cancer menyebut bahwa kanker ini termasuk salah satu dari 15 kanker paling umum di seluruh dunia.

Penyakit tersebut bahkan telah menyebabkan kematian hampir 180.000 jiwa setiap tahun.

Agar terhindar dari penyakit gigi dan mulut yang berbahaya, Anda harus menerapkan perawatan gigi dan mulut secara rutin. Perawatan ini bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah secara sederhana.

Baca juga: Karya Dosen Unair, E-Nose Bisa Deteksi Dini Penyakit Gigi dan Bahan Makanan

Penasaran apa saja perawatan gigi dan mulut sederhana yang bisa dicoba? Simak ulasannya berikut, seperti dilansir Kompas.com dari berbagai sumber.

1. Gunakan sikat gigi yang tepat

Selain rutin mengganti sikat gigi setiap dua hingga tiga bulan sekali, penggunaan sikat gigi yang tepat juga dianjurkan.

Penggunaan sikat gigi dengan bulu sedang dan keras mungkin bisa efektif membersihkan gigi, tetapi hal ini tidak dianjurkan karena bisa merusak lapisan gigi jika terlalu sering digunakan. Untuk menghindari kondisi itu, ada baiknya menggunakan sikat gigi dengan bulu lembut.

Baca juga: Ikuti Panduan Membersihkan Sikat Gigi dengan Benar

Melansir Ada.org, Selasa (26/2/2019), American Dental Association merekomendasikan penggunaan sikat gigi dengan bulu lembut untuk meminimalisir risiko abrasi gigi.

2. Jangan menyikat gigi terlalu sering

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.