Kompas.com - 04/01/2022, 16:30 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Decluttering atau memilah-milah barang rupanya bukan hanya bisa membuat stres menghilang, tetapi juga menghemat uang dengan mudah.

Memang, decluttering itu melelahkan jika dilakukan secara sekaligus. Namun, kita bisa melakukannya dengan menyisihkan beberapa hari dalam satu minggu untuk melakukan beberapa pengorganisasian, sehingga rasanya tidak akan terlalu berat.

Misalnya, dengan merapikan satu area rumah untuk hari pertama, lalu area lain di hari berikutnya. Intinya, apa pun siasat yang kita buat, decluttering tidak hanya membuat rumah terlihat lebih rapi, tetapi juga menenangkan pikiran.

Ternyata, hal ini ada sebabnya lho.

"Ketika rumah secara visual menarik, itu menjadi tempat perlindungan dari dunia luar, dan akan menghemat uang karena kita akan lebih mempertimbangkan saat berbelanja untuk menghindari kekacauan," kata Laura Lonie, CPA dan financial coach terkait menghemat uang berkat decluttering.

Nah, berikut ini ada tips decluttering yang dapat membantu kita menghemat uang, apa sajakah?

Bisa menggunakan barang yang sudah ada

Decluttering bisa membuat seseorang menemukan barang berguna yang telah dimiliki. Dengan ini, kita tak perlu lagi membeli barang baru yang sebenarnya tak kita butuhkan.

"Berbelanja tak akan membuat kita menebak-nebak lagi, karena kita bisa membuat rencana untuk membeli barang yang dibutuhkan saja,” ujar Rashelle Isip, ahli decluttering profesional yang berbasis di New York City.

Menggunakan barang yang masih bisa digunakan atau menemukan fungsi baru dari barang-barang lama dapat menjadi cara menghemat uang dan menjaga agar rumah kita tetap rapi.

Baca juga: Mulai Berhemat, Tinggalkan Gaya Hidup Ini

Membuat kita menyadari kebiasaan hedonis

Tak jarang, seseorang memiliki satu atau beberapa pakaian yang sama persis hanya gara-gara kita langsung membelinya saat pakaian itu “hilang” dari lemari kita.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.