Kompas.com - 05/01/2022, 09:31 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mobil Aston Martin dari film James Bond-Goldfinger yang dirilis pada 1964 silam, akhirnya ditemukan hampir 25 tahun setelah dicuri.

Aston Martin DB5 yang populer berkat aksi Sean Connery itu diperkirakan bernilai sekitar 25 juta dolar AS (sekitar Rp 358 miliar).

Sebelum dicuri pada tahun 1997 dari salah satu hanggar bandara dengan keamanan tinggi di Florida, mobil ini dilaporkan dibeli oleh seorang kolektor pribadi pada pertengahan 1980-an

Dua puluh lima tahun setelah dicuri, The Telegraph pun melaporkan bahwa DB5 yang telah lama hilang itu ditemukan oleh Art Recovery International, sebuah organisasi yang memiliki spesialisasi dalam memburu barang-barang mewah yang hilang atau dicuri.

Seorang individu anonim diketahui dapat memverifikasi kendaraan melalui nomor seri, sehingga terkonfirmasi bahwa itu adalah Aston Martin curian dari tahun 80-an.

Lalu, meski lokasi pasti di mana ditemukannya DB5 itu belum terungkap, namun laporan tersebut mengindikasikan bahwa mobil tersebut berada di kawasan pribadi di Timur Tengah, dengan Dubai, Kuwait, Bahrain, dan Arab Saudi terdaftar sebagai area yang paling mungkin.

Baca juga: Arloji James Bond dari Masa ke Masa

“Saya berharap pemiliknya akan mengakui secara sukarela sebelum saya harus membuat pengumuman. Sudah menjadi kebijakan saya untuk memberi pemilik barang curian dan jarahan kesempatan untuk melakukan hal yang benar,” ujar Christopher Marinello dari Art Recovery International pada The Telegraph.

Marinello mengatakan bahwa dia tidak yakin pemilik saat ini tahu mobil itu merupakan mobil curian ketika mendapatkannya.

“Setelah dia tahu, saya pikir dia harus berupaya melakukan diskusi rahasia terkait bagaimana cara membersihkan gelar kendaraan ikonik ini,” ujarnya.

Pada saat mobil itu dicuri, pengusaha dan kolektor mobil kuno Amerika Anthony Pugliese adalah pemiliknya. Dia awalnya membeli kendaraan tersebut seharga 275.000 dolar AS (sekitar Rp 3,9 miliar) di badan lelang Sotheby's New York pada tahun 1986.

Setelah pencurian terjadi, perusahaan asuransi memberikan 4,2 juta dolar AS (sekitar Rp 60 miliar) padanya dan menawarkan uang senilai 100.000 dolar AS (sekitar Rp 1,4 miliar) sebagai hadiah karena telah menginformasikan tentang pencurian mobil itu.

Aston Martin DB5 memang menjadi andalan franchise James Bond setelah dipopulerkan oleh Sean Connery, yang memerankan Bond pada 1962-1967 serta tahun 1971 dan 1983. Sejak saat itu, franchise inikerap menggunakan DB5 dalam ceritanya.

Baca juga: 10 Merek yang Dipakai Daniel Craig di Film James Bond

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.