Kompas.com - 05/01/2022, 19:12 WIB

KOMPAS.com - Saat houseplant atau tanaman hias dalam ruangan yang biasanya segar mendadak layu dan terus memburuk, tak jarang kita akan panik.

Namun tenang saja, kebanyakan varietas houseplant dapat “dihidupkan kembali” dengan beberapa langkah.

Nah, berikut ini ada beberapa tips dari seorang pakar tanaman agar tanaman dapat kembali sehat.

Mencari sumber masalahnya

Menurut pemilik dan creative director dari Vagabond Botanical, langkah pertama dalam membuat tanaman kembali hidup adalah menelusuri sumber masalahnya.

"Cahaya, air, dan hama, dalam urutan itu, biasanya merupakan alasan utama mengapa tanaman hias Anda tidak berkembang," kata dia.

Baca juga: Ini Houseplant yang Cocok untuk Setiap Zodiak

"Semua tanaman membutuhkan cahaya dan air untuk bertahan hidup, dan masing-masing membutuhkan jumlah yang berbeda untuk membuatnya tumbuh dengan baik,” sambungnya.

Lalu, jika tahu apa jenis tanaman yang kita hadapi, Fowler menyarankan kita untuk menelusuri internet guna memenuhi kebutuhan pencahayaan dan hidrasi tanaman secara pasti.

Beri pencahayaan tepat

Jika baru mengetahui bahwa salah satu tanaman hiasmu yang menyukai matahari tanpa sengaja disimpan di tempat yang gelap, segera pindahkan.

Namun, jika kamu tak yakin tentang intensitas cahaya yang dibutuhkan houseplant, Fowler menyarankan agar memulainya dengan memberikan pencahayaan dasar.

"Jendela yang menghadap ke selatan dan barat memberikan cahaya terbaik untuk sebagian besar tanaman hias."

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.