Syafiq Basri Assegaff
Pengamat masalah sosial

Pengamat masalah sosial keagamaan, pengajar di Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, Jakarta.

5 Tips Rahasia agar Disukai Orang Lain

Kompas.com - 06/01/2022, 06:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

TAHUN baru ini mungkin saat yang baik meningkatkan kemampuan diri, khususnya agar kita makin banyak disukai orang lain.

Berikut ini lima tips rahasia soal itu. Jarang yang menyadarinya, tetapi Vanessa van Edwards, yang banyak meneliti mengenai perilaku manusia, mengungkapkannya secara apik berikut ini.

Dijuluki sebagai investigator perilaku manusia (human behavior), penulis buku Captivate: The Science of Succeeding with People itu mengelola situs Science of People. Selain itu, motivator dan trainer wanita yang beberapa kali tampil di acara TED Talks ini mengurus laboratorum risetnya di Portland, Oregon (AS), tempat ia mempelajari perkara karisma, pengaruh (influence) dan kekuatan bahasa tubuh manusia.

Baca juga: Cerita Najwa Shihab Banyak Disukai Orang-orang Saat SMA

Di antara banyak tips-nya, Vanessa memberikan lima perkara ini agar orang menyukai kita. Pada intinya, Vanessa menjelaskan bahwa dalam hidup ini orang pasti ingin disukai oleh orang lain. Elemen 'disukai orang lain' atau "likability" itu menjadikan orang mendapatkan banyak keuntungan dalam berbagai dimensi kehidupan.

Mengutip sebuah tulisan di Australia Journal of Psychology, menurut Vanessa, orang yang disukai orang lain biasanya akan mendapatkan (atau bertahan pada) pekerjaan, bukan karena kemampuan tekninal atau pun bakat mereka, tetapi karena faktor likability.

Mengapa begitu? Sebab, orang yang disukai orang lain (likable people) lazimnya lebih mudah diajak bekerja sama, asyik bila berada dalam tim (kelompok) yang sama, dan mudah mengajak orang lain kerja bareng.

"Likability merupakan penentu terpenting bagi kepopuleran seseorang dan penerimaan oleh orang lain dalam kelompok sosial orang dewasa. Hal itu lebih penting ketimbang kekayaan, status, ataupun daya tarik fisik (seperti wajah ganteng atau cantik)," kata Vanessa.

Lima tips

Pertama, berikan tanda (sinyal) bahwa, "Saya Menyukai Anda" - I like you - ketika Anda berkomunikasi dengan orang lain. Menjadi disukai bukan sekadar 'enak' dirasakan, melainkan sebuah kebutuhan (need) bagi semua orang.

Bahkan tokoh populer, para artis, orator (public speaker) pun membutuhkan orang yang menyukai mereka. Berbagai tokoh yang pernah diwawancarai Ophrah Winfrey pun sesudah acara usia bertanya pada Ophrah, “Bagaimana penampilan saya tadi; apa kira-kira orang suka ya?”

Oleh karena itu, tunjukkan sikap bahwa Anda menyukai orang itu, karena dampaknya orang itu akan balik menyukai Anda. Jangan mengira bahwa secara otomatis orang tahu bahwa Anda menyukainya. Tetapi berikanlah sinyal bahwa Anda menyukainya, jangan menyembunyikannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.