Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Anjing Suka Mengangkat Satu Kakinya Saat Buang Air Kecil?

Kompas.com - 06/01/2022, 07:07 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Pet MD

KOMPAS.com - Jika memiliki anjing, mungkin kita akan memperhatikan bahwa anjing cenderung mengangkat satu kakinya setiap kali akan buang air kecil.

Namun, tahukah kamu bahwa mengangkat sebelah kaki hanyalah satu di antara 12 posisi yang biasa digunakan anjing saat buang air kecil?

Ya, selain mengangkat satu kaki atau “rise” ada pula anjing yang buang air kecil dengan cara “squat” atau jongkok, dan berbagai pose lainnya.

Nah secara konvensional, banyak yang mengira bahwa anjing jantan mengangkat kakinya untuk buang air kecil, sementara anjing betina berjongkok.

Karena hal ini benar secara statistik, hampir semua orang meyakini bahwa setiap anjing jantan yang tidak mengangkat kakinya, atau anjing betina yang tidak berjongkok, memiliki masalah perilaku atau medis.

Lantas, apa penyebab anjing jantan mengangkat kakinya saat buang air? Simak paparan yang dilansir dari Pet MD, berikut ini.

Mengapa anjing mengangkat kakinya ketika buang air?

Rupanya, ada jawaban ilmiahnya.

Anjing jantan dan betina memiliki tujuan berbeda saat buang air kecil, yaitu menghilangkan limbah cair dan menandai wilayah.

Nah, anjing jantan jauh lebih suka menandai area dengan aroma, dan inilah yang berkontribusi pada kebiasaan mengangkat satu kakinya.

Mengangkat satu kaki memudahkan anjing untuk buang air kecil di permukaan yang lebih tinggi, seperti pohon atau pagar, dan menjangkau area yang lebih luas. Akibatnya, tanda yang dihasilkan pun akan jauh lebih kuat daripada urin di tanah.

Baca juga: Mengapa Anjing Melolong? Mungkin Ini 3 Alasannya...

Apakah semua anjing jantan mengangkat kakinya saat buang air?

Sebenarnya, mengangkat kaki bukanlah kebiasaan alami yang ada sejak anjing dilahirkan. Hal tersebut dijelaskan dalam sebuah artikel penelitian yang ditulis oleh Dr. Betty McGuire yang memiliki gelar PhD di bidang ekologi dan biologi evolusioner dari Cornell University.

Dalam penelitian yang mempelajari praktik penandaan wilayah dengan bau pada hewan peliharaan, ditemukan bahwa ada dua postur utama yang digunakan anjing jantan untuk buang air kecil, yaitu pose angkat kaki klasik dan posisi yang dikenal sebagai juvenile lean posture atau racehorse stance.

Nah, kebanyakan anjing jantan lahir dan belajar untuk buang air kecil dalam posisi juvenile lean, di mana kedua kaki belakang tetap di tanah, tubuh condong ke depan, dan kaki belakang direntangkan ke belakang.

Halaman:
Baca tentang
Sumber Pet MD
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com