Kompas.com - 06/01/2022, 07:07 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jika memiliki anjing, mungkin kita akan memperhatikan bahwa anjing cenderung mengangkat satu kakinya setiap kali akan buang air kecil.

Namun, tahukah kamu bahwa mengangkat sebelah kaki hanyalah satu di antara 12 posisi yang biasa digunakan anjing saat buang air kecil?

Ya, selain mengangkat satu kaki atau “rise” ada pula anjing yang buang air kecil dengan cara “squat” atau jongkok, dan berbagai pose lainnya.

Nah secara konvensional, banyak yang mengira bahwa anjing jantan mengangkat kakinya untuk buang air kecil, sementara anjing betina berjongkok.

Karena hal ini benar secara statistik, hampir semua orang meyakini bahwa setiap anjing jantan yang tidak mengangkat kakinya, atau anjing betina yang tidak berjongkok, memiliki masalah perilaku atau medis.

Lantas, apa penyebab anjing jantan mengangkat kakinya saat buang air? Simak paparan yang dilansir dari Pet MD, berikut ini.

Mengapa anjing mengangkat kakinya ketika buang air?

Rupanya, ada jawaban ilmiahnya.

Anjing jantan dan betina memiliki tujuan berbeda saat buang air kecil, yaitu menghilangkan limbah cair dan menandai wilayah.

Nah, anjing jantan jauh lebih suka menandai area dengan aroma, dan inilah yang berkontribusi pada kebiasaan mengangkat satu kakinya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Pet MD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.