Kompas.com - 06/01/2022, 09:41 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyeimbangkan kesehatan fisik dan mental. Misalnya, dengan melakukan latihan kardio diselingi meditasi  atau yoga untuk meningkatkan kesehatan mental.

Namun, meski bisa dilakukan secara terpisah seperti itu, tahukah kamu bahwa ada aktivitas yang membuatmu bisa mendapatkan keduanya sekaligus seperti Tai Chi?

Nah, untuk mengetahui apa itu Tai Chi dan manfaatnya bagi kesehatan, simak serba-serbi Tai Chi berikut ini.

Apa itu Tai Chi?

Menurut ulasan yang diterbitkan dalam Journal of Sport and Health Science, Tai Chi adalah sebuah praktik asal China yang sudah ada lebih dari 300 tahun dan digunakan sebagai bentuk pertahanan diri.

Namun, Jesse Tsao, PhD, master Tai Chi dan pendiri Tai Chi Healthways USA di San Diego, California, mengatakan bahwa sekitar 100 tahun terakhir, Tai Chi juga dipandang sebagai "seni bela diri internal" yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan.

“Beberapa orang menyebutnya meditasi dalam gerakan, dan itu berarti melibatkan pikiran dan tubuh,” tambah Marsha Bateman, MS, PT, seorang instruktur Tai Chi untuk Tai Chi Health di Madison, Wisconsin.

Bateman berpendapat bahwa praktik ini bermakna melakukan gerakan santai dan lancar dengan kondisi mental yang tenang, namun tetap fokus.

Menurutnya, seseorang yang melakukan Tai Chi berada dalam kondisi relaxed alertness. Artinya, pikiran kita tenang dan otot pun rileks, namun di saat yang sama, kita tetap waspada.

"Bayangkan Anda adalah gunung, namun bergerak layaknya sungai," ujarnya.

Nah, ketika gerakan Tai Chi (biasa disebut “form) dilakukan dalam urutan halus, praktik ini akan terlihat seperti tarian dengan gerak lambat yang mudah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.