Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Kompas.com - 06/01/2022, 10:51 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia sudah memulai pemberian vaksin Covid-19 bagi anak-anak usia 6-11 tahun. Pemberian vaksin bagi anak usia 6-12 tahun ini bertujuan melindungi mereka dari paparan Covid-19 dan memberikan keamanan saat melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Mendapatkan vaksin Covid-19 menjadi sesuatu yang penting karena selain bermanfaat bagi diri sendiri juga bermanfaat bagi orang lain. Secara tidak langsung menerima vaksin, sudah turut menjaga lingkungan terdekat dari virus Covid-19.

Menurut tim advokasi vaksin Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) vaksin ini aman dan dapat merangsang kekebalan terhadap Covid-19.

Berdasarkan hasil uji klinik pada kelompok umur 6-11 tahun di China yang telah dipublikasikan di jurnal ilmiah dan telah dikaji dengan teliti oleh BPOM dan ITAGI, efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) sangat jarang dan tidak berbahaya.

Beberapa efek samping seperti nyeri di bekas suntikan, bengkak, demam, pusing hingga lesu akan hilang dalam satu hingga dua hari. Jadi vaksin Covid-19 aman untuk anak usia 6-11 tahun.

Manfaat menerima vaksin Covid-19 antara lain:

1. Merangsang sistem kekebalan tubuh

Vaksin terdiri dari berbagai produk biologi dan bagian dari virus yang sudah dilemahkan dan disuntikkan ke dalam manusia. Proses ini akan merangsang timbulnya imun atau daya tahan tubuh seseorang.

2. Mengurangi risiko penularan tubuh

Seseorang yang telah disuntikkan vaksin akan merangsang antibodi untuk belajar dan mengenali virus yang telah dilemahkan tersebut. Dengan demikian tubuh akan mengenal virus dan mengurangi risiko terpapar.

Hal ini sekaligus memperkecil peluang transmisi penularan penyakit Covid-19 dari anak ke orang tua, keluarga, ataupun lingkungan di sekitar anak.

3. Mengurangi dampak berat dari virus

Dengan kondisi kekebalan tubuh yang telah mengenali virus, maka jika anak terpapar Covid-19, maka tak ada gejala yang berat dan membahayakan keselamatan anak.

4. Mempercepat timbulnya herd immunity

Dengan makin banyaknya orang yang divaksin, maka dalam masyarakat akan muncul kekebalan bersama sehingga virus akan melemah dan penularan berkurang.

Vaksinasi anak di RS Premier Bintaro

Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun di RS Premier Bintaro Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun di RS Premier Bintaro
Mendukung berbagai alasan tersebut, RS Premier Bintaro menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 Sinovac dosis 1 untuk anak usia 6-11 tahun, pada hari Minggu, 26 Desember 2021.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com