Kompas.com - 07/01/2022, 08:43 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Adanya lemak di tubuh wajib diperhatikan, terutama lemak di sekitar area perut yang disebut lemak visceral.

Lemak visceral tergolong sebagai jenis lemak yang berbahaya. Lemak ini berada di sekitar organ vital kita, dan dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu.

Seiring bertambahnya usia, risiko kelebihan lemak visceral akan meningkat. Walau begitu, lemak ini dapat dihilangkan dengan menerapkan gaya hidup yang sehat.

Trik mencegah penumpukan lemak visceral tidaklah sulit, yaitu:

1. Hindari gula berlebih

Ahli diet Morgyn Clair, MS, RDN, penulis di Fit Healthy Momma menyebut pentingnya mengurangi gula --terutama dari minuman manis-- untuk menghilangkan lemak di perut.

"Penelitian secara konsisten menunjukkan kelebihan gula menyebabkan lemak yang tidak diinginkan, terutama lemak yang disimpan di perut," katanya.

Satu studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition menyimpulkan, asupan minuman manis secara teratur dikaitkan dengan peningkatan volume lemak perut pada orang dewasa.

Baca juga: Waspadai Risiko Penyakit akibat Doyan Minuman Manis dan Rebahan

2. Melacak asupan kalori

Clair juga mengingatkan agar kita melacak dan menghitung asupan kalori per hari. Dengan melacak asupan kalori, kita akan mengetahui makanan apa yang diperlukan tubuh.

Halaman:
Sumber MSN


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.