Kompas.com - 07/01/2022, 12:19 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Cahaya rendah selalu menjadi tantangan bagi para pecinta tanaman yang ingin merawat houseplant atau tanaman dalam ruangan.

Pasalnya, tanaman yang tumbuh dengan baik tanpa cahaya penuh di luar ruangan, cenderung membutuhkan lebih banyak cahaya saat ditanam di dalam ruangan, membuatnya sulit ditanam.

Namun tenang saja, sebab, beberapa spesies houseplant bisa tumbuh subur dalam kondisi cahaya rendah lho.

Houseplant dengan pencahayaan rendah kemungkinan akan tumbuh dengan baik di ruangan yang menghadap ke timur atau barat yang memiliki satu atau dua jendela, bahkan jika tanaman tidak menerima sinar matahari langsung.

Namun, ruangan tanpa jendela atau hanya dengan satu jendela yang menghadap ke utara akan menyulitkan tanaman. Jika ini terjadi, cobalah membantu tanaman dengan menyalakan lampu buatan selama beberapa jam setiap hari.

Nah, bagi kamu yang ingin merawat tumbuhan yang tak memerlukan banyak cahaya, berikut ada 20 houseplant yang akan tumbuh dengan baik meski dalam kondisi minim cahaya.

Lucky Bamboo (Dracaena sanderiana)

Ilustrasi tanaman hias lucky bamboo atau bambu hoki. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi tanaman hias lucky bamboo atau bambu hoki.
Dapat tumbuh baik di air atau tanah membuat lucky bamboo dapat ditemukan di banyak kantor dan rumah.

Seperti namanya, tanaman yang menjadi elemen penting dari praktik feng shui ini dikatakan dapat membawa keberuntungan, terutama jika tanaman itu diterima sebagai hadiah. Reputasinya pun baik karena tanam ini sangat kuat.

Nah, tanaman berbatang hijau inilebih menyukai tempat yang mendapatkan cahaya matahari pagi atau sore sekitar 2-3 jam saja, namun tetap akan tumbuh subur di lokasi yang teduh.

Pastikan tanaman yang butuh kelembapan sedang hingga tinggi ini tidak berada di dekat area berangin dan jauhkan dari hewan peliharaan karena mereka memiliki sifat beracun.

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Melambangkan Keberuntungan dan Kemakmuran

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Sumber The Spruce
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.