Kompas.com - 07/01/2022, 18:33 WIB

KOMPAS.com - Sejak pertama kali diumumkan pada akhir tahun lalu, varian Covid-19, omicron diketahui menyebar lima kali lebih cepat dibandingkan varian sebelumnya.

Individu yang terinfeksi varian omicron cenderung tanpa gejala, atau bergejala ringan, seperti batuk, hidung tersumbat, dan kelelahan.

Terkait penyebaran varian omicron, para ahli dan ilmuwan menyebutkan, varian ini diperkirakan bisa berfungsi sebagai vaksin alami untuk Covid-19.

Apa maksudnya?

Ahli imunologi Gobardhan Das, profesor kedokteran molekuler di Jawaharlal Nehru University, New Delhi, India, memberikan penjelasan seputar hal ini.

Baca juga: Gara-gara Omicron, Grammy Award 2022 Ditunda

"Saya percaya omicron kemungkinan merupakan vaksin alami," kata Das, seperti dilansir laman Outlookindia.

"Omicron adalah versi varian delta dengan tambahan mutasi. Jika kita sudah melihat gejala varian ini, orang tidak akan dirawat di rumah sakit."

Menurut Das, selama periode waktu tertentu, virus corona sudah melemahkan diri.

"Ini seperti strategi vaksin kita, di mana kita melemahkan virus dan memberikan virus itu kepada orang-orang," lanjut dia.

Lebih lanjut, dia bahkan berpandangan, varian omicron dapat menjadi vaksin yang lebih baik daripada vaksin yang sudah ada.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.