Kompas.com - 07/01/2022, 20:34 WIB

KOMPAS.com - Setiap orang tentu pernah mengalami luka di kulit. Luka perlu penanganan sesuai dengan tingkat berat ringannya, agar tak berkembang menjadi infeksi.

Dijelaskan oleh dr.Ni Made Swantari MBiomed, SpBP-RE, luka adalah terputusnya kontinuitas jaringan akibat trauma.

"Trauma yang terjadi dapat berlansung akut seperti kecelakaan lalulintas, luka bakar, maupun kronik, atau berlangsung perlahan-lahan misalnya pada luka dekubitus atau luka diabetes," kata dokter yang menjadi penanggung jawab klinik The IndRa ini dalam siaran pers.

Ia menambahkan, pada prinsipnya penyembuhan luka terdiri dari 3 fase yaitu fase inflamasi, proliferasi dan fase maturasi.

"Untuk mempersingkat waktu penyembuhan luka, umumnya luka harus dibersihkan dari jaringan yang tidak sehat, baik dengan pemberian bahan penutup luka (dressing) maupun tindakan operasi," ujarnya.

Baca juga: Cara Pencegahan dan Perawatan Luka Diabetes

Menurutnya, penting dipahami bahwa penyembuhan luka tidak semata hanya lukanya saja. Faktor intrinsik dan ekstrinsik yang berperan pada penyembuhan luka harus diperhatikan.

Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol dapat mengganggu penyembuhan luka.

"Demikian pula obesitas dan adanya penyakit komorbid seperti diabetes dan hipertensi dapat memperpanjang penyembuhan luka," katanya.

Klinik The IndRa melakukan bakti sosial perawatan luka dan pengobatan umum kepada warga binaan di Panti Sosial Insan Bangun Daya 2 di Cipayung, Jakarta Timur.Klinik The IndRa Klinik The IndRa melakukan bakti sosial perawatan luka dan pengobatan umum kepada warga binaan di Panti Sosial Insan Bangun Daya 2 di Cipayung, Jakarta Timur.

Mengunjungi warga binaan ODGJ

Dalam pembukaan klinik, tim dokter dari klinik The IndRa melakukan bakti sosial perawatan luka dan pengobatan umum kepada warga binaan di Panti Sosial Insan Bangun Daya 2 di Cipayung, Jakarta Timur.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.