Kompas.com - 09/01/2022, 09:47 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kolesterol sebenarnya dibutuhkan dalam tubuh untuk menjaga agar fungsi tubuh tetap optimal. Kendati demikian, kadar kolestreol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyumbatan arteri dan risiko penyakit jantung.

Untungnya, kadar kolesterol sehat dalam tubuh bisa dijaga dengan menerapkan pola makan yang sehat.

Makanan yang dapat menjaga angka kolesterol tetap dalam batas normal sebenarnya cukup banyak. Bahkan menurut sebuah studi, apel adalah salah satunya.

Harvard Health menemukan bahwa buah apel adalah salah satu di antara buah yang memiliki kandungan serat tertinggi dan mengandung serat larut yang disebut pectin.

Baca juga: Buah Apel Ternyata Mampu Jauhkan Risiko Kolesterol Tinggi

Nah, menurut Mayo Clinic, serat larut tersebut dapat menurunkam kadar LDL (low-density lipoprotein) alias kolestrol jahat kita dengan mengurangi kolestrol yang diserap ke dalam aliran darah.

Selain itu, sebuah studi yang diterbitkan di European Journal of Nutrition menemukan bahwa serat pektin dalam apel tidak hanya membantu mengurangi kolesterol, tapi juga merupakan pektin terbaik untuk menurunkan kolesterol yang bersumber dari buah.

Selain apel, buah lain yang dapat membantu menurunkan kolesterol adalah alpukat yang memiliki kandungan lemak sehat.

Menurut Harvard Health, lemak sehat dalam alpukat bisa menggantikan lemak yang tidak sehat, dan berujung membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita.

Baca juga: Satu Alpukat Setiap Hari untuk Menjaga Kesehatan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.