Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Makanan yang Baik Dikonsumsi Jika Tertular Omicron

Kompas.com - 09/01/2022, 10:02 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Varian baru Covid-19, Omicron, makin merajalela dan menyebabkan lonjakan kasus di beberapa negara, seperti Turki, Singapura, Afrika Selatan, Amerika Serikat, bahkan di Indonesia.

Gejala varian Omicron sendiri sedikit berbeda dengan varian Covid-19 lainnya. Menurut berbagai laporan, penderita Omicron umumnya mengalami gejala berupa batuk, pilek, hingga sakit tenggorokan dan tidak nafsu makan.

Tentu, tak ada orang yang ingin tertular virus ini. Kendati demikian, jika sampai tertular dan muncul beberapa gejala, mungkin akan sulit memilih makanan, apalagi jika tidak nafsu makan.

“Orang yang terkena Omicron, Delta, atau Influenza, biasanya tidak memiliki nafsu makan yang besar,” kata Robert G. Lahita MD, Ph.D.("Dr. Bob"), Direktur dari Institute for Autoimmune and Rheumatic Disease di Saint Joseph Health dan penulis Immunity Strong.

"Omicron membuat tenggorokan sangat sakit, seolah-olah Anda menderita radang tenggorokan. Bahkan menelan cairan pun sakit," tambahnya.

Dr. Bob pun membagikan beberapa makanan yang bisa dikonsumsi dan mudah ditelan saat terkena varian Omicron, seperti berikut ini.

Yogurt

Salah satu makanan terbaik yang bisa dikonsumsi ketika mengalamiradang tenggorokan adalah yogurt yang lembut, dingin, terasa enak di tenggorokan, dan dikemas dengan protein untuk membuat perut kenyang.

Dr. Bob menyarankan untuk mengonsumsi yogurt bersama granola atau beberapa topping sehat lainnya, seperti pisang untuk potasium.

“Tapi pisangnya harus dipotong kecil-kecil karena akan sangat sulit bagi penderita Omicron untuk menelannya,” ujarnya.

Baca juga: Rutin Konsumsi Yogurt untuk Jaga Kekebalan Tubuh

Es krim

Menurut Dr. Bob, es krim sebenarnya bisa menjadi pengisi perut yang mudah ditelan ketika tengah mengalami sakit tenggorokan yang parah. Jadi, cocok dikonsumsi bagi penderita Omicron yang tak mengalami diabetes.

Es krim juga dapat membantu mengenyangkan perut sekaligus menjaga berat badan, mengingat penurunan berat badan yang parah dapat menjadi efek samping tertular virus karena kurang nafsu makan

"Es krim akan memberi glukosa dan juga protein, jadi Anda dapat mempertahankan berat badan. Banyak orang yang mengalami Omicron atau Delta kehilangan sembilan hingga 13 kg, dan itu adalah masalah besar," ujarnya.

Minuman dengan elektrolit

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com