Kompas.com - 09/01/2022, 10:02 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Varian baru Covid-19, Omicron, makin merajalela dan menyebabkan lonjakan kasus di beberapa negara, seperti Turki, Singapura, Afrika Selatan, Amerika Serikat, bahkan di Indonesia.

Gejala varian Omicron sendiri sedikit berbeda dengan varian Covid-19 lainnya. Menurut berbagai laporan, penderita Omicron umumnya mengalami gejala berupa batuk, pilek, hingga sakit tenggorokan dan tidak nafsu makan.

Tentu, tak ada orang yang ingin tertular virus ini. Kendati demikian, jika sampai tertular dan muncul beberapa gejala, mungkin akan sulit memilih makanan, apalagi jika tidak nafsu makan.

“Orang yang terkena Omicron, Delta, atau Influenza, biasanya tidak memiliki nafsu makan yang besar,” kata Robert G. Lahita MD, Ph.D.("Dr. Bob"), Direktur dari Institute for Autoimmune and Rheumatic Disease di Saint Joseph Health dan penulis Immunity Strong.

"Omicron membuat tenggorokan sangat sakit, seolah-olah Anda menderita radang tenggorokan. Bahkan menelan cairan pun sakit," tambahnya.

Dr. Bob pun membagikan beberapa makanan yang bisa dikonsumsi dan mudah ditelan saat terkena varian Omicron, seperti berikut ini.

Yogurt

Salah satu makanan terbaik yang bisa dikonsumsi ketika mengalamiradang tenggorokan adalah yogurt yang lembut, dingin, terasa enak di tenggorokan, dan dikemas dengan protein untuk membuat perut kenyang.

Dr. Bob menyarankan untuk mengonsumsi yogurt bersama granola atau beberapa topping sehat lainnya, seperti pisang untuk potasium.

“Tapi pisangnya harus dipotong kecil-kecil karena akan sangat sulit bagi penderita Omicron untuk menelannya,” ujarnya.

Baca juga: Rutin Konsumsi Yogurt untuk Jaga Kekebalan Tubuh

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.