Kompas.com - 10/01/2022, 15:52 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selain lezat, cokelat juga dikenal baik untuk kesehatan, seperti meningkatkan fungsi otak, membantu memperlancar aliran darah, dan baik untuk jantung. Kendati demikian, rupanya tak semua cokelat dapat memberi manfaat kesehatan yang sama bagi kita.

Lantas, cokelat apa saja yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan jantung?

Untuk mengetahuinya, simak paparan dari ahli diet terdaftar Mira Ilic, RD, LD, seperti dilansir dari Cleveland Clinic, berikut ini.

Mengapa cokelat baik untung jantung?

Biji cokelat memiliki kandungan yang disebut flavonoid.

Nah, selain memberikan rasa yang pekat dan kaya pada cokelat, rupanya flavonoid adalah antioksidan. Artinya, kandungan ini dapat membantu tubuh kita mekawan radikal bebas jika dikonsumsi.

Flavonoid ini akan membantu menjaga jantung dengan mengontrol kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko pembekuan darah, menghambat melengketnya trombosit, serta meningkatkan aliran darah ke organ vital.

Dark chocolate adalah cokelat terbaik bagi tubuh kita. Sebab, cokelat satu ini merupakan cokelat yang yang paling sedikit diproses. Artinya, cokelat ini mengandung persentase tertinggi biji kakao (kakao) yang mengandung flavonoid.

Baca juga: Rutin Konsumsi Cokelat Seminggu Sekali Bantu Menjaga Kesehatan Jantung

Apa semua cokelat itu sehat?

Sebelum mengonsumsinya, penting untuk memahamu bahwa tidak semua jenis cokelat kaya akan flavanoid.

Secara alami, kakao memiliki rasa yang sangat kuat dan tajam yang berasal dari flavanol. Nah, saat kakao diproses menjadi produk cokelat favorit kita, kakao melewati beberapa proses untuk mengurangi rasa pahitnya.

Semakin banyak pemrosesan yang terjadi (melalui hal-hal seperti fermentasi, alkalizing, pemanggangan, dan masih banyak lagi), tentu semakin banyak flavanol yang hilang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.