Kompas.com - 11/01/2022, 09:17 WIB

KOMPAS.com - Saat ini, microwave dianggap sebagai perangkat dapur yang praktis karena dapat memanaskan makanan, menghangatkan sisa makanan, atau membuat makanan ringan dengan cepat.

Melihat banyaknya tugas microwave untuk kebutuhan dapur, maka perangkat ini juga perlu dibersihkan untuk mencegah microwave menjadi kotor atau rusak.

Untungnya, membersihkan microwave adalah perkara sederhana. Kita dapat menggunakan lemon dan baking soda dari dapur untuk membuat microwave tampak lebih bersih dan segar.

Frekuensi pembersihan

Frekuensi pembersihan microwave tergantung pada seberapa hati-hati kita menutupi makanan yang hendak dipanaskan  dan seberapa sering kita menggunakannya.

Baca juga: 7 Manfaat Lemon untuk Bersih-bersih, Sudah Tahu?

Untuk sebagian besar rumah tangga, pembersihan mingguan adalah waktu yang tepat.

Namun, apabila kita menggunakannya dengan ceroboh, maka kita harus memeriksa microwave setelah setiap kali digunakan untuk melihat adanya noda percikan dan tumpahan.

Setelah noda percikan makanan melalui beberapa siklus pemanasan, maka ini jauh lebih sulit untuk dihilangkan karena terlalu banyak penumpukan sisa makanan yang dapat mengganggu kinerjanya.

Tak hanya bagian dalam microwave, panel kontrol dan pegangan juga harus sering dibersihkan, setidaknya setiap hari dengan menggunakan lap desinfektan untuk menghilangkan bakteri yang berpindah dari tangan.

Langkah-langkah membersihkan

1. Menambahkan lemon

Tuangkan satu cangkir air ke dalam mangkuk tahan microwave atau cangkir besar. Iris satu lemon dan tambahkan ke cangkir.

Jika kita tidak memiliki lemon segar, maka kita dapat menambahkan tiga sendok makan jus lemon botolan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber the spurce
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.