Kompas.com - 11/01/2022, 11:27 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bagi para penggemar makanan gorengan renyah yang lebih sehat, mungkin air fryer bisa menjadi alat kecil yang perlu kita tambahkan ke dapur.

Alat ini juga lebih mirip dengan oven konveksi daripada penggorengan karena menggunakan sedikit atau tanpa minyak untuk memanggang, serta menggoreng makanan.

Alih-alih menggunakan minyak mendidih yang membuat lapisan luar makanan menjadi renyah, air fryer menggunakan aliran udara yang sangat panas untuk memasak makanan dengan cepat dan membuat bagian luarnya renyah.

Karena kita akan lebih sering menggunakan air fryer untuk menggoreng makanan, jangan lupa juga untuk selalu membersihkannya agar air fryer tetap awet.

Untungnya, membersihkan air fryer itu sangat sederhana karena sebagian besar produsen telah membuat air fryer aman untuk mesin cuci piring.

Hanya dengan beberapa perlengkapan rumah tangga sederhana, kita dapat menjaga air fryer tetap bersih dan berfungsi dengan baik.

Frekuensi pembersihannya

Karena air fryer diisi dengan makanan mentah, komponen yang bersentuhan langsung dengan makanan (keranjang, nampan, atau piring) harus dibersihkan setiap kali selesai digunakan.

Interiornya juga harus dibersihkan untuk memastikan tidak ada partikel makanan yang menghalangi kisi-kisi untuk mengurangi sirkulasi udara.

Tergantung pada seberapa sering kita menggunakannya, bagian luar perlu dibersihkan setidaknya setelah beberapa kali digunakan, serta saat kumparan pemanas.

Baca juga: Apakah Memasak dengan Air Fryer Lebih Sehat?

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Spruce
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.