Kompas.com - 11/01/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Kesulitan membedakan antara kenyataan dan imajinasi sejatinya bukan perkara remeh, karena kondisi ini dapat menandakan adanya gangguan mental.

Di dunia medis, dikenal sebutan psikosis, yang merujuk pada gangguan mental yang terjadi ketika seseorang mengalami delusi, halusinasi, dan masalah berpikir.

Dibandingkan dengan orang dewasa dan orang berusia paruh baya, kondisi psikosis lebih rentan terjadi pada remaja dan dewasa muda.

Baca juga: Eco-Anxiety, Kecemasan yang Dipicu Kepedulian Lingkungan

Apabila tidak segera ditangani, psikosis dapat berkembang menjadi gangguan kejiwaan yang lebih parah.

Penderitanya berpotensi melakukan tindakan yang berbahaya baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Orangtua perlu mengetahui, gangguan mental psikosis pada anak bisa disebabkan oleh kecemasan yang mereka miliki di masa lalu.

Satu studi menunjukkan, anak dengan kecemasan yang intens di masa kecil berisiko menderita psikosis ketika dewasa.

Mengutip Study Finds, sebuah riset yang dilakukan peneliti di University of Birmingham memerlihatkan bagaimana kecemasan di masa kecil dikaitkan dengan psikosis di masa dewasa.

Baca juga: Orang dengan Kecemasan Sosial Hadapi Kesulitan Akademis, Benarkah?

Menurut para peneliti studi tersebut, anak dan remaja yang terus-menerus menghadapi tingkat kecemasan tinggi berisiko mengembangkan psikosis di saat mencapai usia awal 20-an tahun.

Studi ini menegaskan betapa pentingnya intervensi dini bagi kaum muda yang berjuang mengatasi masalah kesehatan mental, agar remaja terhindar dari psikosis.

Halaman:
Sumber Moms


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.