Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Survei, Genre Romance Masih Jadi Favorit Penonton K-drama

Kompas.com - 12/01/2022, 09:34 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama masa pandemi, sebagian besar masyarakat menghabiskan lebih banyak waktunya di dalam rumah, sehingga tidak sedikit juga yang akhirnya menonton dan menjadi penggemar drama Korea.

Hal ini pun terlihat dari banyaknya drama-drama Korea yang dirilis dan menjadi perbincangan, bahkan beberapa publik figur pun turut menyuarakan kegemaran mereka terhadap drama Korea.

Di sepanjang tahun 2021 lalu ada banyak sekali drama dengan berbagai genre yang ramai dibicarakan seperti Vincenzo dengan genre dark comedy, lalu D.P. yang mengangkat genre drama dan militer.

Kemudian ada drama Jirisan dengan genre misteri dan fantasi, lalu drama Happiness dengan genre romantic comedy, thriller, dan fantasi.

Hingga Squid Game dengan genre survival, thriller, dan horor yang berhasil menarik perhatian besar di luar negeri.

Namun, dari beberapa drama Korea dengan beragam genre yang jadi perbincangan, drama dengan genre romance nyatanya masih menjadi favorit para penggemar K-drama.

Baca juga: 5 Drama Korea yang Cocok Ditonton Penggemar Hometown Cha-Cha-Cha

Hasil survei soal drama Korea

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Jakpat, dari 1173 responden, sebesar 85,19 persen menganggap  genre romance menjadi genre K-drama nomor satu yang jadi favorit, diikuti oleh genre komedi dan action.

Terbukti pula dengan drama Hometown Cha Cha Cha menjadi salah satu dari tiga drama teratas yang dipilih oleh responden survei sebagai drama yang paling digemari di tahun 2021.

Hometown Cha Cha Cha sendiri adalah drama bergenre romance yang diperankan oleh Shin Min Ah dan Kim Seon Ho yang tayang di tvN dan mendapat sambutan hangat dari para penontonnya.

Selain K-drama, genre romance juga menjadi genre yang paling banyak diminati oleh para pembaca buku fiksi dan novel.

"Sampai saat ini genre romance masih jadi primadona," terang Co-Founder Cabaca, salah satu penerbit digital di Indonesia, Fatimah Azzahrah dalam sebuah rilis.

"Mungkin karena cerita romansa lebih mudah diikuti dan relate dengan kehidupan banyak orang," sambung dia.

Adapun Cabaca juga melakukan survei dengan responden 350 orang. Dan hasilnya 80,5 persen responden memilih genre romance sebagai genre favorit. Diikuti dengan genre adult sebesar 47,3 persen, serta genre komedi sebesar 37,1 persen.

Baca juga: 5 Adegan K-Drama Paling Romantis yang Bikin Hati Berdebar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com