Kompas.com - 12/01/2022, 22:01 WIB
Jika ingin mencoba lemon untuk asam lambung, ingatlah untuk selalu melarutkan peraaan lemon dengan air untuk mengurangi keasamannya. PEXELS/JULIA ZOLOTOVAJika ingin mencoba lemon untuk asam lambung, ingatlah untuk selalu melarutkan peraaan lemon dengan air untuk mengurangi keasamannya.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bisa dikatakan, air lemon merupakan salah satu “ramuan wajib” bagi para influencer kesehatan. Sebab, air berasa asam ini selalu ada dalam keseharian mereka.

Dalam unggahannya, para influencer umumnya mengklaim bahwa air lemon memiliki berbagai manfaat fantastis, mulai dari meningkatkan penampilan kulit, meningkatkan imun, hingga detoksifikasi.

Umumnya, para influencer meminum minuman ini di pagi hari. Tapi, bagaimana jika kita meminumnya di waktu lain? Di malam hari misalnya?

Nah, sebelumnya perlu diketahui bahwa manfaat meminum air lemon yang biasa kita dengar itu sedikit berlebihan.

Ya, menurut Megen Erwine, ahli diet di LetsGetChecked, banyak klaim tentang manfaat minum air lemon yang tidak didukung oleh sains.

Kendati demikian, tidak berarti bahwa lemon tak memiliki manfaat. Sebab, lemon adalah sumber vitamin C yang baik.

Bahkan dalam Well and Good, satu sendok makan lemon memiliki sekitar 10 mg vitamin C. Meski kebanyakan orang dewasa membutuhkan 75-90 mg vitamin C per harinya.

Menurut Erwine, vitamin C adalah antioksidan kuat dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Vitamin ini memainkan peran dalam pencegahan penyakit kardiovaskular, pencegahan dan pengobatan kanker, degenerasi makula terkait usia (AMD) dan perkembangan katarak, serta pencegahan dan pengobatan flu biasa.

Nah, banyak manfaat air lemon sebenarnya berasal dari airnya, sebagai faktor hidrasi dasar, yang sebenarnya dapat dicapai dengan atau tanpa komponen dari jeruk.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.