Kompas.com - 14/01/2022, 07:23 WIB

KOMPAS.com - Bisa dibilang, kantor adalah tempat kedua di mana kita menghabiskan banyak waktu selain di rumah.

Maka -seperti halnya rumah, kita juga membutuhkan lingkungan kerja yang nyaman supaya bisa produktif dan betah berlama-lama di tempat tersebut.

Namun, jika kita merasa kelelahan secara fisik sekaligus mental di tempat kerja, kemungkinan kita berada di lingkungan kerja yang beracun.

Lingkungan kerja yang beracun bisa membuat kita merasa tidak nyaman, baik terhadap suasana kerja, atasan, rekan kerja, ataupun sistem yang berlaku di kantor.

Baca juga: Cara Atasi Lingkungan Kerja yang Tak Baik bagi Kesehatan Mental

Psikolog kesehatan klinis Amy Sullivan membeberkan cara mengenali tanda-tanda lingkungan kerja yang beracun.

Nah, ada banyak hal yang berkontribusi pada lingkungan kerja yang beracun.

Namun menurut Sullivan, menganalisis setiap detail untuk mengetahui penyebab lingkungan bekerja beracun tidak lebih penting dari apa yang kita rasakan di tubuh.

"Orang mengetahui ketika mereka berada di lingkungan kerja yang beracun karena kita memerhatikan apa yang dirasakan tubuh, serta respons fisik lainnya," tutur dia.

Demi mengetahui apakah kita berada di lingkungan kerja yang beracun atau tidak, kita perlu bertanya kepada diri sendiri: apakah tempat kerja kita selaras dengan nilai-nilai yang kita anut?

"Sistem nilai kita pada dasarnya adalah keyakinan inti dan nilai inti kita, hal-hal yang penting bagi pribadi kita," kata Sullivan.

"Keyakinan inti adalah nilai-nilai kuat yang tidak ingin kita goyahkan."

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.