Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Dongeng: Tradisi Kasih Sayang Orangtua kepada Anak

Kompas.com - 14/01/2022, 07:24 WIB
Ilustrasi keluarga MedioIlustrasi keluarga

Oleh: Fauzi Ramadhan & Ristiana D Putri

MASA kanak-kanak adalah tahap awal perkembangan manusia yang dapat dikatakan istimewa.

Menurut literatur yang dipublikasi oleh Departemen Pendidikan Nasional, pada tahap ini, perkembangan kecerdasan anak meningkat dari 50 persen menjadi 80 persen.

Selain perkembangan kecerdasan, sensitivitas dan motorik juga turut meningkat sehingga dibutuhkan kondisi dan rangsangan yang sesuai agar mencapai masa keemasan (the golden years).

Perkembangan yang terjadi pada masa ini haruslah disokong oleh peran orangtua. Sedari dulu, berbagai usaha dilakukan untuk membantu tumbuh kembang anak, seperti bermain, menemani belajar, atau mendongeng.

Semua kegiatan itu tentunya dilakukan bersama anak.

Mendongeng atau aktivitas bercerita adalah salah satu usaha yang dapat membantu daya imajinasi dan membentuk karakter anak.

Aktivitas dari masa ke masa ini umumnya dilakukan untuk menemani anak dari menjelang tidur hingga terlelap.

Dengan demikian, kedekatan orangtua dengan anak dapat berjalan secara menyenangkan.

Untuk merayakan Hari Ibu pada 18 Desember, Media Anak Grid Network bersama Medio Podcast Network menyelenggarakan lokakarya daring bertajuk “Bangun Kedekatan Orangtua dengan Anak Melalui Dongeng”.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.