Kompas.com - 14/01/2022, 17:33 WIB

KOMPAS.com - Produsen boneka Barbie Mattel memberikan penghormatan khusus kepada mendiang jurnalis dan aktivis kulit hitam, Ida B. Wells lewat peluncuran boneka terbarunya.

Rilisan yang akan datang ini adalah bagian dari seri Inspiring Women, dan akan secara resmi diluncurkan pada 17 Januari 2022.

Didesain dengan gaya tradisional khas Wells, boneka ini ditampilkan mengenakan gaun vintage hitam sepanjang lantai dengan kerah berhiaskan renda putih.

Baca juga: Rambah Fesyen Virtual, Balmain X Barbie Luncurkan Koleksi NFT Terbatas

Boneka ini juga tampak memiliki gaya rambut updo bertekstur sambil memegang replika mini koran Memphis Free Speech, di mana Wells menjadi editor dan pemilik dari koran tersebut.

Seorang penulis, sejarawan publik, dan cicit dari Wells, Michelle Duster pun mengapresiasi hal ini.

Produsen boneka Barbie Mattel memberikan penghormatan khusus kepada mendiang jurnalis dan aktivis kulit hitam, Ida B. Wells lewat peluncuran boneka terbarunya.VIA GOOD MORNING AMERICA Produsen boneka Barbie Mattel memberikan penghormatan khusus kepada mendiang jurnalis dan aktivis kulit hitam, Ida B. Wells lewat peluncuran boneka terbarunya.
Dia merasa, Barbie telah memilih untuk menghormati Wells dengan cara yang unik dan mengagumkan.

"Nenek buyut saya adalah seorang perintis yang dengan berani mengikuti keyakinannya dan memperjuangkan hak-hak sipil, serta hak pilih perempuan," kata Duster.

Baca juga: Luput Hadirkan Barbie Atlet Asia, Mattel Dianggap Diskriminatif

"Ini adalah kesempatan luar biasa untuk menyoroti kebenarannya dan warisan abadi untuk memberdayakan generasi baru guna menyuarakan apa yang mereka yakini," imbuh dia.

Selain karya jurnalisme yang luar biasa dan perjuangannya terhadap rasisme, Wells juga dikenal sebagai peneliti yang memainkan peran penting dalam membawa perhatian pada hak pilih perempuan dan ketidakadilan sipil.

Baca juga: Ryan Gosling Bakal Perankan Karakter Ken di Live-Action Barbie

Dia juga ikut mendirikan dan bekerja sebagai kontributor utama untuk organisasi seperti National Association of Colored Women's Clubs (NACWC) pada tahun 1896.

Dia juga berandil di National Association for the Advancement of Colored People (NAACP) pada tahun 1909.

Organisasi tersebut secara kolektif memperjuangkan kebebasan, keadilan, dan kesempatan yang sama bagi semua orang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.