Kompas.com - 15/01/2022, 10:00 WIB
. PEXELS/Stephen Andrews .

KOMPAS.com - Perbedaan antara anak laki-laki dan perempuan akan mulai terlihat seiring pertumbuhan mereka.

Selain kromosom, kadar hormon, dan anatomi tubuh yang berbeda, jangkauan vokal anak laki-laki juga berbeda dari anak perempuan.

Anak laki-laki akan memiliki suara yang jauh lebih dalam, sedangkan anak perempuan lebih nyaring dan halus.

Perbedaan suara ini umumnya tidak akan kentara sampai anak laki-laki dan perempuan menginjak masa remaja.

Baca juga: Anak Laki-laki Lebih Jago Olahraga Dibanding Anak Perempuan, Benarkah?

Namun, satu studi baru dari para peneliti di University of California melaporkan, suara anak perempuan dan anak laki-laki akan terdengar berbeda sejak anak berusia lima tahun.

Peneliti menyatakan, suara anak dapat menunjukkan jenis kelaminnya mulai dari usia lima tahun.

Sebelumnya diperkirakan, seseorang tidak dapat membedakan suara anak laki-laki dan perempuan sampai mereka berusia sekitar 11-12 tahun.

Dengan adanya studi terbaru, anggapan tersebut kini terbantahkan.

Para peneliti di University of California memantau basis data sampel perkataan anak-anak berusia 5-18 tahun untuk melihat bagaimana suara mereka berubah seiring waktu.

Baca juga: Ibu, Ini Waktu Ideal Siapkan Anak Perempuan Hadapi Menstruasi Pertama

Orang-orang yang mendengarkan suara-suara tersebut diminta untuk menilai anak yang berbicara, serta menebak jenis kelamin, usia, dan tinggi badan anak berdasarkan suara.

Peneliti menemukan, dengan hanya mendengarkan suara anak, individu dapat mengidentifikasi jenis kelamin anak tersebut secara akurat.

Menurut para peneliti, alasan kita dapat membedakan jenis kelamin anak dari suaranya tidak disebabkan oleh perbedaan nada, melainkan dari sikap anak, cara anak berbicara, serta kata-kata yang mereka gunakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.