Kompas.com - 15/01/2022, 11:56 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

YIN-YANG merupakan konsep keseimbangan yang berasal dari kebijaksanaan atau filsafat timur yang berguna untuk kebahagiaan manusia.

Biasanya yin-yang dilambangkan dengan gambar bulatan yang di dalamnya dibagi dua sama rata. Bagian sebelah biasanya diberi warna hitam dan sebelah warna putih.

Intinya yin-yang menggambarkan keseimbangan demi kebahagiaan. Apakah betul yin-yang bisa mempengaruhi kebahagiaan hidup kita? Jawabannya bisa direnungkan masing-masing setelah baca tulisan ini.

Yin- yang sering dikaitkan dengan hal-hal berbau klenik, tidak rasional. Itu terserah saja bagi suka ke arah itu.

Di sini disampaikan yang praktis-praktis saja, untuk pendamping pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan memahami yin-yang dan mempraktikannya, hidup kita akan menjadi seimbang, berimbang, serasi dalam kehidupan sosial, hebat berkomunikasi dalam pergaulan, mumpuni dalam silat, dan menjadi luar biasa ketika berhubungan suami-istri.

Melalui bersepeda

Untuk memudahkan memahami yin- yang, kita bisa memahaminya lewat menggoes sepeda.

Ketika kaki kanan mendorong pedal dengan tenaga, maka kaki kiri kosong dan hanya mengikuti saja.

Kaki kanan yang mendorong dengan tenaga sebagai berfungsi sebagai yang, sementara kaki kiri yang kosong hanya mengikuti, menjadi yin.

Selanjutnya begitu kaki kiri terdorong naik sampai puncak pedal dan mendorong ke depan dalam putaran ke bawah, maka di situlah kaki kiri menjadi aktif dan bertenaga, berfungsi sebagai yang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.