BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan The Palace

Selain Angpau, Ini Tiga Rekomendasi Hadiah Imlek agar Lebih Bermakna

Kompas.com - 15/01/2022, 18:26 WIB

KOMPAS.comTahun Baru Imlek selalu identik dengan angpau. Memberikan uang kepada seseorang yang lebih muda atau yang belum menikah menjadi tradisi yang ditunggu pada perayaan Imlek.

Uang tersebut dimasukkan ke dalam amplop merah sebelum dibagikan. Hal ini sesuai dengan makna dari angpau. Dalam bahasa Hokkian, kata ang berarti merah dan pao berarti amplop atau bungkus.

Bagi masyarakat Tionghoa, warna merah dipercaya dapat membawa keberuntungan dan kebahagiaan sepanjang tahun.

Baca juga: Jelang Imlek, Harga Emas Diprediksi Terbang Tinggi, Saatnya Beli?

Pendiri Museum Pustaka Tionghoa Azmi Abubakar mengatakan bahwa tradisi angpau dimaknai sebagai doa dan harapan dari si pemberi angpau kepada yang menerima.

“Pemberian angpau biasanya (dilakukan) dari orangtua ke anak atau untuk mereka yang belum menikah atau jomlo, supaya sejahtera, dan cepat dapat jodoh. Ada doanya juga biar sehat dan segala macam,” ujar Azmi yang diberitakan oleh Kompas.com, Selasa (11/2/2021).

Nah, agar perayaan Imlek tahun ini jadi lebih bermakna, Anda bisa memberikan hadiah selain angpau. Hadiah bisa diberikan pada orang terkasih atau keluarga inti.

Meski demikian, memberikan hadiah untuk mereka yang lebih muda bukan perkara mudah. Anda harus pintar-pintar mencari tahu apa yang mereka butuhkan.

Pasalnya, anak muda sekarang lebih menyukai hal yang fungsional tetapi tetap mengutamakan desain. Untuk itu, Anda bisa memilih perhiasan emas atau perhiasan berlian untuk hadiah Tahun Baru Imlek. Selain itu, saldo e-wallet atau pakaian yang sedang tren di kalangan anak muda bisa jadi alternatif.

Baca juga: Panduan Dekorasi Rumah untuk Menyambut Tahun Baru Imlek

Supaya tidak salah pilih, berikut tiga rekomendasi hadiah pengganti angpau saat Tahun Baru Imlek.

1. Perhiasan

Bila penerima hadiah adalah perempuan, perhiasan dapat dijadikan sebagai ide. Bagi seorang perempuan, perhiasan emas ataupun perhiasan berlian merupakan benda yang berharga.

Anda bisa memilih kalung berlian atau cincin berlian asli dengan model klasik atau yang tak lekang oleh waktu. Hal ini bertujuan agar perhiasan tersebut dapat digunakan hingga waktu yang lama.

Agar sesuai dengan momen perayaan Imlek, Anda dapat memilih perhiasan berlian terbaru dengan warna merah kombinasi emas.

Menurut masyarakat Tionghoa, warna merah dan emas memiliki filosofi tentang kehidupan. Warna merah melambangkan sesuatu yang kuat dan mendatangkan keberuntungan, sedangkan emas atau kuning dipercaya sebagai warna paling indah yang memberikan kebahagiaan.

2. Saldo e-wallet

Rekomendasi berikutnya sebenarnya tidak berbeda jauh dari angpau pada umumnya, yakni uang dalam bentuk saldo e-wallet. Perkembangan teknologi dan kebiasaan anak muda yang serba praktis menjadikan saldo e-wallet layak untuk dipertimbangkan sebagai hadiah.

Baca juga: Jelang Imlek, 5 Brand Fesyen Ini Rilis Koleksi Spesial

Saldo e-wallet yang diberikan dapat digunakan penerima untuk berbagai hal. Misalnya, membeli kebutuhan sehari-hari, membayar jasa transportasi, atau membeli makanan yang diinginkan oleh penerima hadiah.

Untuk nominal yang diberikan, sesuaikan dengan kemampuan ya. Namun, berikan jumlah yang genap dan hindari angka 4.

Hal tersebut berkaitan dengan filosofi Tionghoa yang menghindari uang bernilai ganjil karena identik dengan pemakaman dan angka 4 yang memiliki makna kematian.

3. Fashion item terkini

Terakhir, fashion item yang sedang hits bisa menjadi hadiah pengganti angpau. Mengutip harpersbazaar.com, micro blazer atau big jacket akan menjadi dua outer yang tren pada 2022.

Anda pun bisa memilih salah satu dari kedua outer tersebut untuk hadiah Tahun Baru Imlek kepada adik atau saudara yang lebih muda.

Jika penerima hadiah memiliki kepribadian yang berani tampil beda, Anda bisa memberikan hadiah berupa pakaian yang berkilau, seperti maxi-dress silver, embellished blouse, atau bright bag.

Namun, hindari memberikan sepatu untuk hadiah Tahun Baru Imlek. Sebab, kata sepatu dalam bahasa Tiongkok terdengar seperti kata nasib buruk atau jahat.

Baca juga: Serba-serbi Imlek: Awal Mula, Tradisi, hingga Pantangan

Selain itu, perhatikan juga warna yang akan dipilih. Hindari warna hitam dan putih karena dua warna ini identik dengan pakaian yang dikenakan untuk pemakaman.

Itulah tadi tiga rekomendasi hadiah yang bisa diberikan saat perayaan Tahun Baru Imlek. Meski diperuntukkan kepada seseorang yang masih muda, Anda juga tetap harus memperhatikan kualitas benda yang akan diberikan.

Dalam memilih perhiasan wanita, misalnya. Anda dapat membeli perhiasan di toko berlian asli atau toko emas terlengkap. Hal ini meminimalisasi kemungkinan perhiasan imitasi yang Anda beli.

Salah satu toko emas dan toko berlian yang dapat Anda tuju adalah The Palace Jeweler. Mengusung campaign 3T, yaitu Therlengkap, Therjangkau, dan Therjamin, The Palace memberikan solusi belanja untuk semua kebutuhan perhiasan.

Baca juga: Perhiasan Berlian dengan Harga Terjangkau, Asli atau Tidak? Cek Keasliannya dengan Cara Berikut

#ThePalaceJeweler menyediakan berbagai koleksi perhiasan terlengkap dalam satu gerai, mulai dari perhiasan emas, zircon, hingga perhiasan berlian dan batu berharga. Dengan demikian, Anda tidak perlu datang ke gerai perhiasan lain untuk mencari perhiasan yang diinginkan.

Dalam menyambut Tahun Baru Imlek 2573 kali ini, The Palace Jeweler mengeluarkan dua koleksi perhiasan berlian terbaru, yaitu Koleksi Ruby dan Rimbayu.

Cincin berlian Koleksi Ruby dari The Palace Jeweler. Dok. The Palace Jeweler Cincin berlian Koleksi Ruby dari The Palace Jeweler.

Perhiasan berlian dengan precious stone rubi berwarna merah dan emas dalam Koleksi Ruby akan memberikan keberuntungan dan kemakmuran kepada penggunanya.

Sebagai informasi, warna rubi untuk koleksi ini merupakan natural heated, yaitu warna yang didapatkan dari alam dengan dipanaskan untuk mencapai warna yang diinginkan. Untuk mendapatkan warna yang similar membutuhkan waktu sekitar tiga bulan.

Liontin berlian bentuk shio dari Koleksi Rimbayu.Dok. The Palace Jeweler Liontin berlian bentuk shio dari Koleksi Rimbayu.

Sementara itu, Koleksi Rimbayu menawarkan 12 liontin berlian dalam bentuk shio. Hal ini dipercaya akan mendatangkan rezeki, kesehatan, dan suka cita pada tahun ini.

Tak hanya itu, The Palace Jeweler juga mengeluarkan model perhiasan emas terbaru dengan berlian yang terinspirasi dari kemewahan dan kemegahan gaya Art Deco, yaitu Koleksi Geometri.

Perhiasan berlian Koleksi Geometri.Dok. The Palace Jeweler Perhiasan berlian Koleksi Geometri.

Bentuk abstrak dan geometris yang unik, seperti segitiga, detail zig-zag, dan warna emas merupakan elemen khas dari desain Art Deco akan terlihat pada perhiasan cincin berlian, liontin berlian, dan anting-anting berlian dari koleksi ini.

Dengan koleksi yang lengkap, The Palace Jeweler juga memiliki perhiasan emas terjangkau dengan sematan berlian. Salah satunya adalah koleksi perhiasan berlian Moela.

Koleksi Moela ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 999.000-an saja. Desain yang stylish dan anak muda banget cocok dikenakan oleh para remaja atau Anda yang baru ingin mengoleksi perhiasan berlian.

Cincin berlian asli Koleksi Moela. Dok. The Palace Jeweler Cincin berlian asli Koleksi Moela.

The Palace juga telah mendapatkan sertifikasi SNI 13-3487-2005 pertama di Indonesia. Hal ini menjamin setiap perhiasan The Palace Jeweler memiliki kandungan emas 18 karat atau sebanyak 75,5 persen yang sesuai dengan standardisasi nasional dan internasional.

Untuk informasi lengkap mengenai The Palace Jeweler, Anda dapat mengunjungi situs web resmi The Palace Jeweler atau mengikuti akun Instagram @thepalace_id.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.