Kompas.com - 16/01/2022, 18:10 WIB

KOMPAS.com - Menghadapi kasus Covid-19 varian Omicron yang terus meningkat jumlahnya, dibutuhkan akses tes Covid-19 yang cepat dan andal untuk mengurangi penyebaran infeksi.

Tes rapid yang dilakukan secara berkala di masyarakat, termasuk di tempat kerja, bandara, atau terminal bus, memungkinkan seseorang mengetahui status infeksi mereka pada saat yang paling penting.

Oleh karena ini pengujian massal merupakan hal yang penting dalam mitigasi Covid-19 saat pembatasan kegiatan masyarakat mulai dilonggarkan dan dibukanya perjalanan internasional.

Untuk menyediakan tes rapid antigen yang akurat, Abbott mengumumkan tes terbarunya untuk penggunaan profesional yang bernama Bioquick.

Baca juga: Syarat dan Ketentuan Tes Antigen di Stasiun yang Harganya Turun Jadi Rp 35.000

Dibuat khusus untuk Indonesia, tes rapid antigen Abbott Bioquick membantu mendeteksi virus corona penyebab COVID-19 pada orang dewasa dan anak-anak dengan atau tanpa gejala.

Fasilitas pengujian Covid-19 di Indonesia sekarang dilengkapi dengan solusi pengujian yang diproduksi secara lokal, selain tes rapid antigen Panbio™ untuk penggunaan professional dari Abbott.

Dengan menghadirkan teknologi point-of-care molekuler tercepat ID NOWTM, RTPCR dan solusi serologi berbasis lab, Abbott menawarkan rangkaian solusi pengujian COVID19 terluas di Indonesia.

"Walaupun saat ini cakupan vaksin semakin luas di Indonesia, kita tahu bahwa virus varian baru terus bermunculan dan kekebalan berkurang dari waktu ke waktu, itulah sebabnya tes rapid buatan lokal, seperti Bioquick™ akan memainkan peranan penting selain vaksin, untuk membantu mengakhiri pandemi di Indonesia," kata Divisional Vice President untuk bisnis Abbott Rapid Diagnostics business di Asia-Pasifik, Sanieev Johar.

Baca juga: 7 Daerah di Indonesia yang Sudah Mendeteksi Varian Omicron

Ia menjelaskan, tes rapid antigen Abbott Bioquick™ untuk penggunaan profesional memberikan hasil yang cepat dalam 15 menit tanpa instrumentasi, mudah digunakan dan tersedia dalam dua format – dengan usap hidung invasif minimal, atau usap nasofaring.

Dalam evaluasi klinis yang dilakukan oleh para profesional kesehatan, tes rapid antigen Abbott Bioquick™ (dengan usap hidung) mengidentifikasi 98,1 persen spesimen positif dan 99,8 persen spesimen negatif dengan benar. Semua sampel dikonfirmasi negatif atau positif dengan tes RTPCR (usap hidung) yang disetujui.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.