Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2022, 10:48 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung sampai saat ini tentunya mengganggu berbagai kegiatan usaha, terutama yang dijalankan oleh para perempuan.

Padahal, dalam survei bertajuk "Advancing Women in Entrepreneurship" yang dilakukan oleh Google-Kantar tahun 2020, angka partisipasi perempuan Indonesia dalam bidang kewirausahaan termasuk yang tertinggi di Asia Tenggara.

Penelitian tersebut menemukan bahwa 49 persen perempuan menyatakan telah memiliki bisnis yang mereka jalankan sendiri, sementara 45 persen mengaku baru ingin berwirausaha.

Melihat hal itu, pendiri Stellar Women sekaligus entrepreneur, Samira Shihab pun membagikan sejumlah tips mengembangkan usaha bagi para perempuan di masa pandemi sebagai berikut.

1. Mempelajari bisnisnya lagi

Ditemui dalam acara Road To Stellar Power Accelerator Powered by L’Oréal Paris, Rabu (12/1/2022), Samira mengungkapkan bahwa mempelajari bisnis yang sedang dijalani itu penting sekali.

Apalagi, saat ini ada banyak tren baru yang bermunculan dan sebagai pelaku usaha kita perlu menyesuaikan diri dengan tren baru tersebut.

"Kadang kita merasa ketinggalan karena ada banyak tren baru yang belum kita pelajari. Nah, dengan mengekspos diri pada pengetahuan baru kita dapat mengembangkan bisnis ke level yang lebih baik," terangnya.

"Mengingat dua tahun terakhir ini banyak sekali perkembangan industri yang sudah diakselerasi, kita harus memberanikan diri untuk belajar lagi," sambung dia.

2. Terhubung kembali dengan orang-orang atau networking

Terhubung kembali dengan orang-orang (networking) atau partner lama adalah kunci keberhasilan dalam mengembangkan bisnis, khususnya di kalangan perempuan.

Menurut Samira, dukungan dari orang-orang sekitar dalam mengembangkan bisnis juga sangat penting karena mereka bisa menjadi sumber untuk mengetahui tren terkini.

Stellar Power Accelerator 2022 Powered by L?Oréal ParisLukasAdie Stellar Power Accelerator 2022 Powered by L?Oréal Paris
3. Lebih percaya diri mencapai tujuannya

"Memang ada banyak tantangan dan batasan yang dihadapi oleh perempuan, tetapi kadang-kadang kesulitan itu justru timbul dari kita sendiri," ungkapnya.

Samira pun menyarankan agar para perempuan lebih percaya diri dalam mencapai tujuan atau impiannya, terutama dalam hal mengelola bisnis.

Jadi, menurut dia, para perempuan juga perlu mengasah kemampuan yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri yang lebih baik pula dalam mengembangkan bisnis.

4. Mengikuti pelatihan bisnis

Melakukan pelatihan bisnis seperti dalam program Stellar Power Accelerator juga dapat mengembangkan bisnis mulai dari penjualan, pemasaran, pengelolaan sumber daya manusia, dan masih banyak keahlian lainnya.

Pada tahun 2021, Stellar Women menerima lebih dari 1.500 pendaftar dan tahun ini diharapkan angkanya akan berkembang menjadi dua kali lipat.

Samira menambahkan bahwa pelatihan yang diselanggarakan oleh Stellar Women memiliki tujuan untuk memberdayakan sekaligus mendukung pemimpin perempuan mewujudkan potensi terbesarnya, baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan profesional.

Baca juga: Wiraswasta dan Freelancer Lebih Bahagia daripada Karyawan, Benarkah?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com