Kompas.com - 18/01/2022, 21:19 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Sebab, jika mental sehat, tentu hidup pun akan terasa lebih baik.

Karena itu, tak heran bila banyak orang melakukan berbagai cara demi menjaga kesehatan mentalnya, mulai dari meditasi, melakukan journaling, hingga berendam dalam air es.

Ya, baru-baru ini, seorang atlet asal Belanda bernama Wim Hof melakukannya. Bahkan, dia mengunggah videonya yang tengah berendam dalam air es itu di Instagram pribadinya.

Hal ekstrem memang sudah lekat dengan Hof, yang juga menciptakan teknik latihan bernafas unik ini. Sebelumnya, dia sempat mendaki Everest dengan bertelanjang kaki dan berenang jarak jauh di bawah es.

Nah, dalam video barunya di Instagram, Wim Hof menjelaskan bahwa berendam dalam air es baik bagi kesehatan mental kita.

“(Dengan berendam air es) reseptor yang menciptakan noradrenalin ada 540% lebih banyak, sementara Dopamin 250-300% lebih banyak, Itu semua sains, dan ini akan memerangi gangguan mentalmu, seperti depresi, bipolar atau lainnya. Langsung ke dalam dirimu.”

Itulah yang dikatakan Wim Hof dalam videonya di Instagram.

Baca juga: Benarkah Mandi Air Dingin Meredakan Kecemasan?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Wim Hof (@iceman_hof)

Beberapa warganet juga nampaknya setuju dengan Wim Hof. Pasalnya, beberapa komentar dari akun @spiritual.teachers.of.our.time yang mengunggah kembali video milik Hof, berbunyi positif.

“ Ini benar-benar membantuku!” tulis salah seorang warganet.

“Aku telah mandi selama satu tahun penuh dan berendam di air es dapat mendatangkan pikiran positif,” tulis warganet lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber DMarge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.