Kompas.com - 21/01/2022, 08:32 WIB

KOMPAS.com - Dulu, ketika kita berada di dalam bioskop, kita pasti sering mendengar Dolby selalu memutar video dengan suara yang berbunyi "all around you".

Tapi sekarang, sistem suara kitar (surround sound) di bioskop-bioskop ternama di Indonesia tidak lagi menggunakan Dolby 7.1.

Sebagai gantinya, Dolby mengusung sistem suara kitar Dolby Atmos.

Kira-kira, apa yang membuat Dolby Atmos lebih unggul dibandingkan sistem surround sound biasa?

Baca juga: Rasuk 2 Siap Meneror dengan Tata Suara Dolby Atmos

Berkaitan akan hal itu, Kompas.com berkesempatan mengunjungi Jakarta Film Studio yang terletak di kawasan Ceger, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (20/1/2022) pagi.

Kami tiba di FourMix Studio, salah satu bangunan di dalam kompleks Jakarta Film Studio.

FourMix Studio berfungsi sebagai tempat untuk memproses paska produksi suara, yang di dalamnya terpasang sistem Dolby Atmos dan layar berukuran besar.

Sesampainya di dalam, kami disambut hangat oleh Satrio Budiono. Dia adalah Co-Owner sekaligus Lead Sound Engineer di FourMix Studio.

Adapun Managing Director, Emerging Markets Dolby Laboratories Pankaj Kedia dan Senior Regional Director, Japan and Emerging Markets Dolby Laboratories Ashim Mathur yang hadir secara virtual.

Usai perkenalan singkat, Pankaj membeberkan seperti apa cara kerja sistem Dolby Atmos.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.