Kompas.com - 21/01/2022, 08:44 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Konon, kepribadian sesorang dapat dilihat hanya dengan melihat matanya saja. Namun, tahukah kamu kalau mata juga bisa menggambarkan masalah kesehatan kita?

Ya, melansir CNN Health, rupanya ada beberapa sinyal terkait kesehatan seseorang yang dapat dilihat dari matanya.

Misalnya, mata kering dapat menjadi tanda rheumatoid arthritis (peradangan sendi). Lalu, kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan terbentuknya cincin putih, abu-abu atau biru di sekitar iris (bagian berwarna) mata.

Sementara itu, jika iris dilingkari dengan semacam cincin berwarna emas tembaga, artinya kamu menderita penyakit Wilson, kelainan genetik langka yang menyebabkan tembaga menumpuk di otak, hati, dan organ lainnya. Lama kelamaan, racun pun akan tersebar ke seluruh tubuhmu.

Kerusakan pembuluh darah di bagian belakang mata yang disebut retina, juga dapat menjadi tanda diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit arteri koroner, bahkan kanker, serta glaukoma dan degenerasi makula terkait usia.

Tak hanya itu, masih ada satu hal lagi yang membuat kita wajib untuk memeriksakan kesehatan mata kita.

Pasalnya, sebuah studi baru menunjukkan bahwa retina dapat memberi kita cara untuk menentukan usia biologis tubuh, usia yang mungkin saja tidak mencerminkan usia kronologis kita.

"Retina menawarkan 'jendela' yang unik dan dapat diakses untuk mengevaluasi proses patologis yang mendasari penyakit vaskular sistemik dan penyakit neurologis yang terkait dengan peningkatan risiko kematian," tulis peneliti studi Dr. Mingguang He, profesor epidemiologi oftalmik di University of Melbourne. dan Pusat Penelitian Mata di Australia.

Studi yang baru saja diterbitkan di British Journal of Ophthalm pada Selasa (18/2/2022) ini menganalisa lebih dari 130.000 gambaran retina yang diberikan oleh orang-orang yang tergabung dalam UK BioBank, sebuah studi pemerintahan jangka panjang dengan partisipan berusia 40 hingga 69 tahun.

Dengan menggunakan model pembelajaran mendalam, para peneliti memperkirakan "kesenjangan usia retina" antara kesehatan biologis mata dan usia seseorang.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN Health
Rekomendasi untuk anda
TANYA PAKAR - PARENTING
Ini 7 Tanda Pasangan Sudah Siap Menikah
Ini 7 Tanda Pasangan Sudah Siap...
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.