Kompas.com - 24/01/2022, 12:15 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ketika sudah menginjak usia di atas 50 tahun, kita harus lebih memerhatikan berbagai macam aspek kesehatan, terutama yang berhubungan dengan jantung.

Sebab, penyakit jantung atau gagal jantung biasanya akan menyerang orang-orang yang sudah lebih berumur.

Menurut American Heart Association, penumpukan lemak pada orang-orang berusia 50-an dan 60-an sering kali menjadi salah satu faktor risiko munculnya penyakit jantung.

Untuk itu, dengan memulai gaya hidup sehat seperti mengonsumsi asupan yang lebih sehat, kita dapat mencegah risiko penyakit jantung saat usia sudah lanjut.

Nah, melansir dari laman Eat This Not That, terdapat empat asupan paling tidak sehat bagi jantung yang harus kita hindari setelah berusia di atas 50 tahun sebagai berikut ini.

1. Makanan berlemak dan gorengan

Ahli gizi untuk USA RX, Rebecca Schilling, RDN, LDN, mengatakan bahwa jika kita ingin menjaga kesehatan jantung setelah usia 50 tahun, maka kita perlu memerhatikan asupan lemak jenuh secara serius.

"Sebagian besar klien saya yang berusia lebih dari 50 tahun berjuang dengan rekomendasi ini," terangnya.

"Mereka dibesarkan dengan daging merah dan ayam goreng. Mereka takut untuk menjadi vegan," sambung dia.

Tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa mengikuti pola makan tinggi lemak dan rendah buah, sayuran, maupun serat itu dapat berkontribusi terhadap perkembangan penyakit jantung.

"Makanan tinggi lemak jenuh menciptakan penyakit dengan menyumbat arteri, meningkatkan kolesterol jahat, dan berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi," kata Schilling.

Halaman:
Sumber Eat This


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.