Kompas.com - 24/01/2022, 13:56 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Kebanyakan orang ke kedai kopi untuk ngopi sambil ngobrol atau bekerja. Karena memang itulah yang ditawarkan kebanyakan gerai.

Namun berbeda dengan Starbucks Dewata Coffee Sanctuary di Bali. Di sana kita bisa belajar berbagai hal tentang kopi, mulai dari menanam, melihat bibitnya, sekaligus melihat pohon-pohon kopi dan cara memproses kopi hingga menjadi minuman.

Nah yang terbaru, gerai ini baru saja membuka Coffee Experience Center yang menunjukkan bagaimana proses penyangraian dapat meningkatkan kualitas, keunikan serta beragam profil rasa kopi dari Indonesia.

Seperti diketahui, selain kualitas biji kopi dan proses penyeduhan, penyangraian juga akan berpengaruh terhadap rasa kopi.

Biji kopi yang disangrai terlalu lama hingga berwarna gelap akan terasa lebih pahit, sedangkan bila disangrai sebentar dan warnanya cerah, rasanya akan lebih asam.

Meski begitu, untuk mendapat rasa terbaik, setiap jenis kopi membutuhkan proses sangrai yang berbeda. Di sinilah perlunya pengetahuan dan pengalaman menyangrai agar kopi yang dihasilkan bisa mengeluarkan rasa paling enak.

Adapun tambahan fasilitas terbaru di gerai ini menyajikan pengalaman interaktif yang menunjukkan perjalanan seed-to-cup, menyatukan sumber kopi, penyangraian, penyeduhan, hingga penyajian.

Coffee Experience Center yang luasnya lebih dari 140 meter persegi ini memiliki desain yang terinspirasi kekayaan warna tembaga dan keranjang Besek tradisional Bali, dengan bata terakota dan lantai teraso.

Di sini kita dapat melihat bagaimana kopi disangrai, berinteraksi dengan partner (sebutan untuk karyawan) yang mengoperasikan alat penyangraian.

“Di Dewata Coffee, kami menyajikan berbagai kopi Starbucks, termasuk kopi yang ditanam, bersumber, dan disangrai secara lokal di Indonesia,” kata Liryawati, Chief Marketing Officer Starbucks di PT Sari Coffee Indonesia.

Di Coffee Experience Center, kita dapat mempelajari bagaimana Starbucks menjalankan praktik pengadaan kopi, dan bagaimana perusahaan bekerja sama dengan para petani kopi Indonesia melalui Farmer Support Center di Sumatera Utara untuk memastikan praktik pertanian secara berkelanjutan, meningkatkan ketahanan, kualitas, dan meningkatkan hasil panen.

Baca juga: 17 Keunikan yang Tak Boleh Dilewatkan dari Starbucks Reserve Dewata

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.