Kompas.com - 24/01/2022, 15:36 WIB

KOMPAS.com - Jika ingin meningkatkan kondisi kesehatan, sebenarnya kita tidak perlu menjalani rutinitas yang terlalu rumit, seperti latihan lari maraton atau angkat beban.

Terkadang, kita hanya membutuhkan aktivitas-aktivitas yang sederhana untuk membuat kesehatan lebih baik, dan tentunya memiliki umur yang lebih panjang. 

Sebuah studi juga telah menunjukkan, aktivitas tertentu yang hanya memakan waktu lima detik ternyata dapat memperpanjang harapan hidup.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini terdapat beberapa aktivitas yang bisa dilakukan dalam lima detik untuk membuat kita panjang umur.

1. Tertawa

Memiliki selera humor dapat membuat kita hidup lebih lama.

Penelitian menemukan, tindakan sederhana seperti tertawa dapat mengurangi stres, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, dan menurunkan tekanan darah.

Baca juga: Tertawa Bisa Bikin Kerja Lebih Produktif, Apa Alasannya?

Kemudian, sebuah studi di Norwegia pada tahun 2016 juga menemukan, memiliki selera humor dapat menambah delapan tahun dalam hidup, bahkan jika kita memiliki penyakit jantung atau infeksi kronis.

2. Mendapatkan vaksin

Ini mungkin pemanjang hidup tercepat, termudah, dan paling terjangkau yang pernah ada.

Data terbaru menunjukkan, orang yang belum divaksin Covid-19 sembilan kali lebih mungkin dirawat di rumah sakit.

Mereka juga 14 kali lebih mungkin meninggal karena virus — dan lebih mungkin meninggal karena sebab apa pun — daripada orang yang telah divaksinasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.