Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Self-Care, Bentuk Merawat dan Mencintai Diri secara Mandiri

Kompas.com - 27/01/2022, 07:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Fauzi Ramadhan & Fandhi Gautama

PANDEMI Covid-19 sudah berjalan dua tahun lamanya di seluruh dunia. Pada 2022, infeksi virus ini telah menjangkiti 300 juta lebih jiwa dan terus bertambah setiap harinya.

Untuk menekan laju persebarannya, berbagai macam protokol kesehatan harus dipatuhi masyarakat.

Tak hanya virus corona, masalah kesehatan mental juga menghantui. Berbagai penelitian menyatakan bahwa masyarakat di seluruh dunia mengalami stres akibat pandemi ini.

Artikel jurnal berjudul “Kesehatan Mental dan Perubahan Aktivitas-Perjalanan Saat Pandemi COVID-19 di Indonesia” menjelaskan beberapa tipe gangguan kesehatan mental yang muncul secara signifikan pada masa pandemi ini, salah satunya adalah depresi.

Oleh karena itu, perlu adanya manajemen stres yang baik sehingga seseorang dapat menghadapi situasi pandemi.

Salah satu manajemen stres yang dapat dilakukan adalah senantiasa menjaga dan mengembangkan diri atau lebih familiar dengan sebutan self-care.

World Health Organization (WHO) mendefinisikan self-care sebagai kemampuan seseorang, keluarga, atau komunitas untuk meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit, serta menghadapi gangguan tanpa atau dengan dukungan layanan kesehatan.

Konsep self-care merupakan salah satu program WHO untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya pencegahan dan penanganan kesehatan secara mandiri.

Konsep ini sangat penting untuk dilakukan karena bertujuan merawat kesehatan mental dan fisik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.