Kompas.com - 27/01/2022, 07:42 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Secara umum disarankan bahwa jika kita ingin sesuatu bertahan lebih lama, kita sebaknya tidak menggunakannya terlalu sering atau bila memakainya, pakailah cara lembut.

Memang untuk banyak kasus, ini adalah nasihat bijak. Tetapi rupanya tidak tepat jika menyangkut organ tubuh kita yang bekerja paling keras: jantung.

Setiap hari, jantung kita berdetak rata-rata 100.000 kali, memompa darah melalui sistem besar pembuluh darah yang panjangnya lebih dari 96.560 km.

Tetapi, tahukah bahwa membuat jantung bekerja lebih giat – melalui aktivitas fisik intensitas sedang hingga tinggi secara konsisten – ternyata dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membuat jantung kita lebih kuat.

Jantung adalah otot

Ahli jantung Dr Leslie Cho, MD mengatakan bahwa jantung kita adalah otot. Sama seperti bisep, semakin kita melatih jantung, semakin besar dan kuat organ itu.

"Selama latihan intensitas sedang hingga tinggi, otot dan jaringan kita membutuhkan lebih banyak nutrisi dan oksigen, yang berarti jantung kita harus bekerja lebih keras dan memompa lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut," terangnya.

Seiring waktu, jantung kita bekerja lebih efisien dan dapat mendorong keluar volume darah yang lebih besar dengan setiap detak.

Selain itu, olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke jantung. Ini dilakukan dengan meningkatkan kemampuan pembuluh darah koroner yang merupakan arteri pemasok darah ke jantung untuk melebar.

Olahraga juga membantu kemampuan pembuluh darah kita yang lain untuk melebar, yang seiring waktu menurunkan tekanan darah.

"Secara umum, semakin rendah tekanan darah kita, semakin baik tubuh kita. Sebab, tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan pembuluh darah," kata Dr Cho.

Baca juga: Catat, 6 Kebiasaan Ini Bisa Turunkan Kesehatan Jantung

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.