Kompas.com - 28/01/2022, 16:34 WIB

KOMPAS.com - Perkembangan dalam dunia medis memungkinkan pasien bisa melakukan pengobatan yang membutuhkan tindakan operasi dapat memilih bedah invasif yang butuh sayatan minimal.

Tindakan bedah minimal invasif ini juga lebih minim risiko dan masa pemulihan lebih cepat.

Berbeda dengan operasi terbuka, bedah minimal invasif dilakukan memakai peralatan canggih yang dimasukkan ke dalam tubuh lewat sayatan berukuran kecil, sekitar 1-2 cm.

Lewat alat ini dokter dapat melihat lebih jelas ke bagian organ dalam yang dituju. Kemudian dokter akan melakukan tindakan sesuai penyakit dan keluhan pasien. Setelah selesai, alat dikeluarkan dan luka sayatan ditutup dengan jahitan.

Pemanfaatan bedah minimal invasif salah satunya dipakai untuk mengatasi varises atau pun pembengkakan kelenjar tiroid jinak.

Baca juga: Ketahui Kebiasan Sehari-hari Penyebab Varises

Dijelaskan oleh Wirya A Graha, dokter spesialis bedah toraks, kardiak dan vaskular dari RS Betshaida Hospital Tangerang, dulu pengobatan varises dilakukan dengan prosedur pembedahan yang memerlukan luka sayatan cukup besar.

Namun saat ini telah tersedia teknologi EVLA (Endovenous Laer Ablation) untuk mengatasi varises.

"Dengan EVLA, pembuluh darah vena yang melebar dan membengkak akan diablasi dengan energi panas dari laser, sehingga vena akan mengecil dan pembuluh darah menjadi normal," kata Wirya dalam konferensi pers yang diadakan oleh RS Bethsaida Hospital di Jakarta (27/1/2022).

Ia mengatakan, varises terjadi karena pelebaran pembuluh darah vena. Energi panas atau laser yang dipakai dalam prosedur EVLA akan mengecilkan pembuluh darah tersebut.

Prosedur ini menggunakan jarum tipis dan panjang untuk menghantarkan energi panas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.