Kompas.com - 28/01/2022, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Diet noom dikenal sebagai salah satu program penurunan berat badan berbasis aplikasi yang berfokus pada psikologi untuk membantu pengguna mengubah gaya hidup.

Meski pola diet ini terbilang dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat, namun ada rekomendasi bawaan yang menganjurkan pengguna untuk diet ketat dan ini bisa berbahaya bagi kesehatan.

Ada pun anjuran tersebut yakni mengonsumsi hanya sebanyak 1.200 kalori saja per hari, terlepas dari tipe tubuh atau tujuan penurunan berat badannya.

Baca juga: Wanita Ini Turunkan Bobot 27 Kg dengan Diet Noom, Tahu Caranya?

"Memotong kalori terlalu rendah dapat menyebabkan kelelahan mental dan fisik, serta risiko kondisi kesehatan yang serius dari waktu ke waktu," kata ahli diet terdaftar, Brigitte Zeitlin kepada Insider.

Menurut dia, 1.200 kalori per hari sangatlah rendah dan ini bukan ukuran porsi orang dewasa, melainkan jumlah yang disarankan untuk balita.

Namun, Noom pihak mengungkapkan bahwa rekomendasi 1.200 kalori yang banyak diperdebatkan hanyalah sebuah saran.

Jadi, para pengguna tetap dapat menyesuaikan tujuan penurunan berat badan mereka dengan mengubah batas kalori yang sesuai.

Tetapi, masih banyak pengguna yang merasa batasan kalorinya rendah meski sudah disesuaikan dengan tujuan penurunan berat badan.

Kebutuhan kalori bervariasi

Menurunkan berat badan memang membutuhkan defisit kalori dengan membakar lebih banyak kalori daripada yang kita makan.

Baca juga: Diet Vegan pada Bayi Picu Kontroversi, Sehatkah?

Zeitlin menuturkan bahwa beberapa orang mungkin membutuhkan lebih sedikit kalori harian untuk menurunkan berat badan, tergantung pada jenis kelamin, ukuran tubuh, dan kebiasaan olahraganya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.