Kompas.com - 28/01/2022, 17:24 WIB

KOMPAS.com - Popularitas menstrual cup semakin meningkat di kalangan wanita Indonesia.

Sayangnya, menstrual cup yang banyak tersedia di pasaran umumnya merupakan produk buatan brand Eropa dan Amerika Serikat.

Meskipun kualitasnya tidak diragukan, ada satu kekurangan yang memberikan pengaruh cukup besar bagi para penggunanya yakni dari segi anatomi tubuh.

Tubuh wanita Asia cenderung memiliki kedalaman leher rahim yang lebih dangkal dan mulut vagina yang lebih sempit dibandingkan wanita ras Kaukasia dari Eropa dan AS.

Hal ini memengaruhi kenyamanan dalam penggunaan menstrual cup termasuk ketika memasukkannya ke mulut vagina.

Baca juga: Baru Pertama Coba Menstrual Cup? Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Pakai

Meski dengan variasi ukuran yang kini disediakan, ada risiko menstrual cup yag dipilih tidak benar-benar sesuai dengan bentuk tubuh kita.

Pakar spesialis kebidanan dan kandungan, dr. Darrell Fernando, SpOG mengatakan memang ada sejumlah varian dalam bentuk panggul orang Asia, termasuk kedalaman vagina.

"Orang barat, ras Kaukasian, cenderung deep ke belakang sedangkan wanita Asia lebih pendek," terangnya dalam jumpa media secara virtual, Rabu (26/01/2022).

Perbedaan anatomi membuat produk menstrual cup dari luar negeri cenderung kurang fit ketika dipakai.

Kondisi yang berusaha dijawab oleh Filmore, brand feminine care asal Indonesia yang digagas oleh Andrea Gunawan, Grace Tahir dan Gitta Amelia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.